Hidup Sehat

Alat Kesehatan Yang Harus Dimiliki Di Rumah

Alat kesehatan adalah barang, alat atau mesin yang digunakan untuk pencegahan, diagnosis atau pengobatan, atau untuk mendeteksi, mengukur, memulihkan, mengoreksi atau memodifikasi struktur atau fungsi tubuh untuk suatu tujuan kesehatan.

alat kesehatan

Alat kesehatan yang digunakan di rumah adalah perangkat medis yang ditujukan untuk pengguna di lingkungan manapun di luar fasilitas perawatan kesehatan profesional. Hal ini termasuk alat kesehatan yang ditujukan untuk digunakan di fasilitas perawatan kesehatan profesional dan rumah. Perlukah untuk memiliki alat kesehatan di rumah?

Memiliki alat kesehatan dapat membantu Anda lebih siap menangani bahaya serta dapat mengontrol kondisi kesehatan Anda. Terdapat beberapa alat kesehatan yang dapat dimiliki semua orang, sedangkan beberapa alat mungkin hanya dibutuhkan oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Berikut beberapa alat kesehatan yang harus Anda miliki, untuk memastikan kesehatan keluarga Anda secara keseluruhan:

  • Kotak P3K

Dari penyakit ringan hingga cedera yang lebih serius, kotak P3K adalah alat kesehatan yang harus dimiliki di setiap rumah. Alat ini dapat membantu mengurangi resiko infeksi atau tingkat keparahan cedera. Kotak P3K biasanya mencakup berbagai perlengkapan yang akan membantu merawat luka, lecet dan cedera, termasuk keseleo dan luka bakar. Anda dapat dengan mudah membeli kotak P3K yang sudah disiapkan secara online atau menyiapkan sendiri.

  • Pedometer dan timbangan berat

Pedometer adalah alat sederhana yang menampilkan jumlah langkah Anda telah berjalan dan kalori proporsional yang terbakar selama aktivitas tersebut. Timbangan mengukur berat badan Anda dan sangat bermanfaat, karena fluktuasi massa yang tiba-tiba dapat menandakan kondisi mendasar yang parah seperti ketidakseimbangan hormon atau metabolisme lipid yang tidak teratur. Berat badan yang sehat ditunjukkan dengan BMI (Indeks Massa Tubuh) antara 18,5 dan 24,9.

  • Termometer

Perangkat dasar ini sangat penting di setiap rumah, terutama di musim hujan, ketika terjadi wabah demam, pilek, dan flu. Termometer dapat menunjukkan apakah suhu tubuh lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya, sehingga membantu memutuskan rangkaian obat resep yang tepat dan memastikan pemulihan yang cepat. 

Penting untuk memiliki alat kesehatan di rumah, seperti yang disebutkan di atas. Selain untuk membantu Anda mengurangi resiko kesehatan, alat-alat di atas juga dapat digunakan untuk memastikan kesehatan Anda dan keluarga secara keseluruhan.