Kulit & Kecantikan

Bibir Tampak Gelap? Pakai Minyak Zaitun Untuk BIbir

Beberapa orang dapat memiliki bibir yang tampak gelap akibat kondisi medis tertentu ataupun karena faktor gaya hidup. Warna bibir yang menggelap dapat disebabkan karena hiperpigmentasi, yang mana merupakan kondisi tidak berbahaya yang disebabkan karena melanin berlebih. Hiperpigmentasi bibir dapat disebabkan karena paparan sinar matahari berlebih, kurang minum, merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi dan lipstick, terlalu banyak kafein, dan sering mengisap bibir. Kebanyakan dari penyebab bibir gelap tersebut dapat diatasi dengan merubah gaya hidup, seperti memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, mengganti merek pasta gigi, dan menggunakan minyak zaitun untuk bibir. Namun, ada pula bibir gelap yang disebabkan karena perawatan medis dan kondisi kesehatan tertentu, seperti chemotherapy, defisiensi vitamin, anemia, dan penggunaan fluoride yang berlebih.

Mencerahkan bibir gelap

Merawat hiperpigmentasi biasanya dilakukan untuk tujuan kosmetik. Perawatan laser dan zat kimia seperti hydroquinone dan asam kojic biasanya dilakukan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada bibir. Kebanyakan perawatan hiperpigmentasi bekerja dengan cara menghambat enzim yang memproduksi melanin. Namun, selain perawatan medis yang disebut sebelumnya, Anda bisa mencerahkan bibir secara alami, seperti menggunakan minyak zaitun untuk bibir. Selain minyak zaitun, beberapa pencerah bibir alami di antaranya adalah:

  • Lemon

Sebuah studi tahun 2002 menyatakan bahwa kulit buah sitrus dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Setiap malam sebelum Anda tidur, potong lemon dan usapkan dengan perlahan pada bibir. Pada pagi hari, bilas bibir menggunakan air dingin. Ulangi hal tersebut setiap malam hingga Anda mendapatkan hasil yang diharapkan. Perawatan jenis ini dapat membutuhkan waktu hingga 30 hari.

  • Limau

Limau merupakan buah sitrus lain yang memiliki sifat anti produksi melanin. Untuk menggunakannya, campur 1,5 sendok teh jus limau segar, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh glycerin. Oleskan campuran tersebut dengan perlahan pada bibir sebelum Anda tidur. Bilas bibir di pagi hari.

  • Kunyit

Menurut sebuah studi tahun 2010, kunyit dapat bertindak sebagai inhibitor melanin. Untuk menggunakan kunyit, campur 1 sendok makan susu dan sedikit bubuk kunyit hingga berbentuk adonan yang kental. Dengan menggunakan jari, oleskan adonan tersebut ke bibir dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin. Setelah mengeringkan bibir, oleskan pelembap favorit Anda.

  • Lidah buaya

Sebuah studi menyatakan bahwa senyawa yang ada pada lidah buaya dapat menghambat produksi melanin. Setiap harinya, oleskan gel aloe vera segar pada bibir. Saat sudah kering, bilas menggunakan air hangat.

  • Buah delima

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat mencerahkan hiperpigmentasi padakulit. Campur delima dengan air mawar dan kri susu segar, lalu oleskan dan pijat pada bibir selama 3 menit dan basuh menggunakan air dingin.

  • Perawatan alami lain

Beberapa orang menggunakan minyak kelapa untuk mencerahkan bibir. Sama dengan perawatan lain, cukup oleskan minyak kelapa selama beberapa kali sehari dan sebelum tidur. Anda bisa mencerahkan bibir dengan mengoleskan minyak zaitun untuk bibir, dengan cara memijat beberapa tetes minyak zaitun pada bibir sebelum tidur.

Menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, kunyit, buah delima, lemon, dan minyak zaitun untuk bibir dapat mengurangi produksi melanin dan membuat bibir gelap Anda menjadi tampak lebih cerah. Penting untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum menentukan perawatan mana yang akan Anda pilih. Dokter juga dapat membantu memastikan apa yang menyebabkan bibir Anda tampak gelap.