bayi & menyusui, Ibu dan Anak

Jangan Keliru, Begini Cara Memilih Rekomendasi Botol Susu Bayi

Bagi Anda yang memiliki anak masih bayi, Anda tentu tahu pentingnya memberikan susu bagi bayi. Selain menentukan jenis susu yang diberikan, memilih botol susu juga penting karena perlu disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Anda perlu memahami cara memilih rekomendasi botol susu bayi agar bayi bisa mendapatkan asupan susu dengan baik.

Cara memilih rekomendasi botol susu bayi

Jika Anda pernah mencari botol susu di toko, Anda tentu tahu bahwa ada banyak sekali botol bayi yang tersedia dengan desain dan ukuran yang berbeda-beda. Sebenarnya, masing-masing bentuk botol memiliki fungsi yang berbeda.

Tidak semua bayi bisa menggunakan botol bayi yang sama. Ada botol yang dirancang untuk bayi kolik, ada juga botol untuk bayi kembung. Saat ingin memilih rekomendasi botol susu bayi, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  • Bentuk botol yang umum

Jangan membeli bentuk botol susu yang terlalu unik. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk membeli botol dengan bentuk atau rancangan yang sama di kemudian hari. 

Sebagian besar bayi tidak suka minum susu dari botol yang bentuknya berbeda dengan botol sebelumnya. Jika Anda membeli bentuk botol yang unik, belum tentu bayi Anda bisa tetap minum susu dengan nyaman.

Karena itu, pilihlah botol yang bentuk dan rancangannya cukup umum. Sehingga, bila botol mengalami kerusakan, Anda bisa dengan mudah membeli yang baru sesuai selera bayi Anda. 

  • Botol yang mudah dibersihkan

Membersihkan botol susu akan menjadi tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Ketika Anda membeli botol dengan bentuk yang terlalu unik, Anda akan memerlukan waktu lebih banyak untuk membersihkannya.

Hal ini mungkin akan menghambat Anda untuk melakukan kegiatan lainnya dengan lebih produktif. Apalagi kalau Anda membeli botol susu yang bisa dilepas pasang setiap bagiannya. 

Karena itu, sebaiknya carilah botol susu bayi yang mudah untuk dibersihkan serta tidak sulit untuk dilepas dan dipasang. 

  • Lubang di botol susu

Sebelum membeli, perhatikan juga lubang di botol susu bayi yang akan Anda beli. Ada lubang yang cukup kecil, tapi ada juga lubang yang besar.

Untuk bayi yang lebih kecil, rekomendasi botol susu bayi yang tepat adalah botol dengan lubang yang kecil. Hal ini akan membuat susu mengalir keluar dengan lambat. Ini akan memudahkan bayi yang masih kecil untuk minum susu sesuai dengan kecepatan yang ia bisa. 

Sementara, jika bayi sudah lebih besar, Anda bisa mengganti botol susu dengan lubang yang lebih besar. 

Keuntungan memberikan susu bayi lewat botol

Memberikan susu formula lewat botol sama pentingnya dengan ASI. Ada manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan susu lewat botol yang mungkin tidak ada pada ASI. Berikut ini keuntungannya:

  • Bayi akan lebih baik dalam mengenali rasa dan terbiasa dengan berbagai macam campuran bahan-bahan 
  • Sama seperti ASI, susu formula bisa membantu meningkatkan kesehatan bayi, sehingga risiko infeksi bayi lebih rendah

Bagi Anda yang ingin memberikan susu lewat botol pada bayi, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya. Ingat juga untuk memiliki botol dengan kualitas yang baik, karena kualitas botol yang buruk berpotensi menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan bayi.

Anda bisa mencari rekomendasi botol susu bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. Tidak perlu membeli botol susu yang populer hanya sekedar untuk mengikuti tren.