Kehamilan

Kenali Berbagai Manfaat dan Bahaya Penggunaan Korset Hamil

Ibu hamil seringkali merasakan berbagai kondisi seperti rasa tidak nyaman di perut, pinggul, hingga nyeri punggung. Sehingga, berbagai peralatan untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil pun dihadirkan, termasuk korset hamil.

Menggunakan korset hamil ini disebut bisa mengurangi nyeri punggung dan rasa tidak nyaman yang kerap dialami bumil. Apalagi kondisi janin yang makin hari membesar. Akan tetapi, penggunaan korset ibu hamil ini juga punya risiko, lho. Simak informasi selengkapnya di sini.

Korset hamil dipercaya bisa meredakan rasa nyeri di punggung dan sendi.

Manfaat Menggunakan Korset Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa korset ibu hamil ini memang diciptakan untuk menopang punggung bagian bawah dan perut ibu hamil selama kehamilan. Korset ini tentu saja elastis saat digunakan dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Sehingga korset ini diyakini bisa memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil yang aktif, khususnya di trimester kedua dan ketiga. Apa saja manfaatnya?

  1. Bisa mengurangi rasa nyeri

Ibu hamil sering merasakan nyeri terlebih di bagian punggung sebelah bawah. Bahkan, menurut penelitian menyebut 71% ibu hamil mengalami nyeri punggung, dan 65% mengalami nyeri panggul. 

Dengan menggunakan korset hamil ini akan membantu mengurangi rasa nyeri yang dialami bumil, menopang punggung bagian bawah dan perut, serta berguna meminimalisir tekanan.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh selama masa kehamilan memang akan berubah akibat punggung bagian bawah tegang dan adanya beban di perut. Dengan menggunakan korset, akan membantu memperbaiki postur tubuh. Korset akan menopang perut dan punggung bagian bawah, mencegah terjadinya ketegangan yang berlebihan, dan mendorong postur tubuh jadi lebih baik.

  1. Membuat lebih nyaman

Selama masa kehamilan memang akan terasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Apalagi jika perut sudah besar. Akan tetapi, korset hamil akan membantu menopang rahim, sehingga beban perut jadi lebih ringan karena dibantu oleh penggunaan korset. Ibu hamil pun akan jadi lebih nyaman bergerak.

  1. Memberikan rasa nyaman melakukan berbagai aktivitas harian

Kehamilan membuat rasa nyeri dan tidak nyaman, sehingga ibu hamil jadi terhambat dalam beraktivitas. Dengan menggunakan korset, bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut dan ibu pun akan lebih nyaman melakukan berbagai aktivitas hariannya.

Berbagai Risiko Menggunakan Korset Hamil

Tidak hanya bermanfaat, ternyata menggunakan korset ibu hamil juga memiliki bahaya, lho. Ketika menggunakan korset, akan ada tekanan di perut sehingga berisiko mengganggu sirkulasi darah. Hal ini akan berdampak buruk bagi tekanan darah. Ujung-ujungnya akan membahayakan ibu dan janin dalam kandungannya.

Korset yang terlalu ketat bisa mengganggu perkembangan janin yang tentu akan membahayakan. Keseringan menggunakan korset juga membuat otot-otot punggung melemah. Rasa nyeri akan terasa bahkan lebih buruk dari sebelumnya. RIsiko lainnya bisa memicu terjadinya mulas serta gangguan pencernaan pada ibu hamil.

Korset yang terlalu lama dipasang di perut akan membuat janin tidak memiliki ruang untuk tumbuh normal. Hal ini tentu saja menyebabkan perkembangan tubuh janin akan terpengaruh. Bahkan pada kondisi serius, penggunaan korset dapat menyebabkan rahim bermasalah.

Sebenarnya penggunaan korset hamil ini disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil itu sendiri. Jika memilih menggunakannya, maka sebaiknya digunakan 2-3 jam per hari saja. Hal ini juga untuk mencegah ketergantungan terhadap penggunaan korset.

Sebelum menggunakan korset, ada sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter kandungan. Bumil yang memiliki gangguan tekanan darah atau sirkulasi darah tidak dianjurkan menggunakan korset ibu hamil ini. 

JIka penggunaan korset hamil diizinkan oleh dokter, sebaiknya digunakan sesuai instruksi dan arahan dari dokter kandungan Anda.