Penyakit

Ketahui Gejala Tumor Wilms Terutama Pada Anak

Jenis penyakit tumor ada bermacam-macam, salah satunya adalah tumor Wilms. Penyakit tumor Wilms sering menyerang anak-anak dan terdeteksi pada anak usia 3 atau 4 tahun. Saat usia telah lebih dari 6 tahun, risiko terkena tumor Wilms menjadi turun drastis. Penyebab tumor Wilms sendiri hingga kini belum bisa dipastikan. Akan tetapi dugaan terbesar penyebab tumor Wilms adalah faktor genetika. Tumor Wilms dapat sembuh jika tertangani dengan baik. Secara data 90% anak penderita tumor Wilms pada akhirnya berhasil sembuh.

Gejala tumor Wilms

Tumor Wilms yang terjadi pada anak akan menunjukkan gejalanya. Sayangnya, gejala yang muncul tidak terlalu spesifik sehingga seringkali dikira penyakit biasa. Oleh karena itu, perlu diagnosis langsung dari dokter untuk memastikan terkena tumor Wilms. Beberapa gejala yang muncul misalnya demam, nyeri dada, konstipasi, nyeri perut, mual hingga muntah, sakit kepala, serta hilangnya nafsu makan. Anak juga mungkin menunjukkan gejala lain seperti pertumbuhan tidak seimbang, tekanan darah tinggi, urine mengandung darah, dan kesulitan bernapas.

Diagnosis tumor Wilms

Untuk menentukan anak menderita tumor Wilms atau tidak diperlukan pemeriksaan jangka panjang dan berulang. Jika seorang anak memiliki keturunan tumor Wilms atau terlahir dengan cacat tertentu, maka dokter perlu melakukan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan fisik dan ultrasound. Selain itu, pemeriksaan lain juga diperlukan seperti pemeriksaan darah, X-ray, urine, dan CT scan. Melaluiserangkaian pemeriksaan tersebut nantinya dokter akan mendapat diagnosis dengan pasti dan menentukan stadium tumor yang terbagi menjadi 5, seperti berikut ini.

  • Stadium 1

Stadium awal tumor Wilms adalah stadium 1. Pada posisi ini, terdapat 20-50% kasus dari keseluruhan kasus tumor Wilms. Saat masih stadium 1, tumor belum menyebar ke mana-mana. Tumor masih menyerang salah satu ginjal saja. Prosedur berupa operasi biasanya dapat menyembuhkan tumor Wilms stadium 1.

  • Stadium 2

Pada stadium 2, tumor Wilms dapat diangkat dengan cara operasi. Sekitar 20% penderita tumor Wilms berada pada stadium 2. Kondisi pasien di stadium 2 ini, tumor baru mulai menyebar ke pembuluh darah dan jaringan sekitar ginjal.

  • Stadium 3

Penderita tumor Wilms pada stadium 3 berjumlah sekitar 20-25% dari keseluruhan kasus tumor Wilms. Pada stadium 3, penderita telah mengalami penyebaran tumor hingga ke rongga perut. Penanganan berupa operasi sudah tidak dapat digunakan jika tumor Wils pada anak telah memasuki stadium 3.

  • Stadium 4

Pada stadium 4, tumor telah tersebar ke berbagai organ tubuh. Beberapa organ yang telah terkena tumor Wilms pada stadium 4 yaitu paru-paru, liver, hingga otak. Terdapat sekitar 10% dari total penderita tumor Wilms yang berada pada stadium 4.

  • Stadium 5

Ini adalah stadium terparah. Pada stadium 5, tumor telah berada di kedua ginjal. Meski demikian, presentase penderita tumor Wilms pada stadium ini tidak terlalu banyak, hanya sekitar 5% saja.

Tumor Wilms tidak dapat disembuhkan secara mandiri. Anda perlu melakukan bantuan medis secara intensif. Penanganan dokter yang biasanya dilakukan sebagai rangkaian pengobatan tumor Wilms yaitu operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Penanganan akan lebih mudah jika stadium tumor masih awal. Oleh karena itu, apabila anak menunjukkan gejala tumor Wilms sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter sehingga dapat dilakukan diagnosis yang mendalam secepatnya.