Tips

Langkah yang Tepat Menyembuhkan Patah Tulang Engkel

Patah tulang engkel merupakan hal yang umum terjadi, apalagi bagi para atlet. Hal ini karena saat berolahraga,  para atlet rentan mengalami terkilir, jatuh, salah menapak, atau cedera yang bisa menyebabkan pergelangan kaki patah. Beberapa patah tulang engkel tidak hanya mengakibatkan hancurnya tulang, tetapi juga robeknya ligamen pergelangan kaki yang menjaga stabilnya sendi pergelangan kaki.

Penderita patah tulang engkel biasanya mengalami tingkat keparahannya berbeda–beda, mulai dari tulang yang hanya retak sampai patah hingga tulang dengan patahan yang menonjol keluar dan merobek kulit.

Meski demikian, patah tulang engkel kaki masih bisa diperbaiki dengan melakukan prosedur yang tepat. Namun, merawat patah tulang engkel di rumah tentu saja tidak boleh main-main, jika Anda melakukan kesalahan dalam menanganinya, akibatnya bisa fatal.

Anda tetap bisa melakukan perawatan di rumah untuk meringankan nyeri akibat patah tulang engkel sekaligus mempercepat proses pemulihannya, dan kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan ketika melakukan perawatan patah tulang engkel kaki harus disesuaikan pada jenis dan tingkat kerusakan pergelangan kaki.

Berikut perawatan patah tulang engkel kaki yang dapat Anda terapkan:

  • Mengistirahatkan pergelangan kaki

Sebisa mungkin, Anda harus menghindari aktivitas yang tidak perlu yang terlalu banyak menggerakkan engkel kaki agar tidak memperberat nyeri dan memperburuk kerusakan tulang engkel yang terjadi.

  • Kompres menggunakan es

Pada kasus patah pergelangan kaki ringan, mengompres es berguna untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat cedera. Bungkus es dengan handuk sebelum meletakkannya di kulit, lalu usapkan buntalan es tersebut di sekitar area yang patah.

  • Mengenakan gips

Patah tulang engkel kaki ringan juga dapat diobati dengan mengenakan sepatu boot, gips, atau belat. Perawatan ini berfungsi untuk menjaga tulang agar tetap di tempatnya. Untuk cedera yang lebih serius, pengidap perlu menjalani operasi terlebih dahulu sebelum menggunakan boot, gips, atau belat.

  • Melakukan terapi fisik

Dokter Anda mungkin juga akan merekomendasikan latihan  terapi fisik untuk membantu proses pemulihan. Jika mengalami patah tulang engkel sederhana, dokter akan merekomendasikan latihan yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun dalam kasus lain, Anda harus melakukan terapi dengan ahli terapi fisik.

  • Meminimalisir rasa sakit

Hal umum yang pasti akan dirasakan dari patah tulang engkel adalah timbulnya rasa sakit, nyeri, memar, dan bengkak. Anda dapat meminimalisir tanda-tanda tersebut. Biasanya untuk menghilangkan rasa sakit penderita bisa mengonsumsi obat seperti ibuprofen atau naproxen. Namun, pastikan Anda mendapatkan obat tersebut setelah mendapat persetujuan tenaga medis.

  • Reduksi terbuka

Jika Anda sudah menggunakan gips dan boot, tetapi patah tulang engkel kaki Anda tak kunjung sembuh maka pembedahan sangat dianjurkan. Pergilah ke pusat medis khusus tulang agar mendapat pertolongan yang maksimal.

Dokter bedah mungkin akan menggunakan batang logam, sekrup, atau pelat untuk meluruskan kembali tulang engkel Anda. Prosedur tersebut berfungsi menjaga tulang agar tetap di tempatnya saat sembuh. Prosedur ini disebut reduksi terbuka dan fiksasi internal.

***

Jika Anda mengalami patah tulang engkel kaki sebaiknya jangan memforsir kaki Anda untuk melalukan kegiatan-kegiatan yang berat terlebih dahulu untuk menunjang masa penyembuhan. Selain itu, upayakan berkonsultasi secara rutin ke dokter untuk melihat perkembangan pascacedera.

Proses pemulihan patah tulang engkel kaki memang membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Kadang bisa hanya dalam hitungan minggu atau bahkan sampai berbulan-bulan tergantung pada jenis dan parahnya tulang yang patah.