Penyakit

Macam-Macam Upaya Pengobatan untuk Penderita Tuli

Tuli adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang dengan kemampuan pendengaran yang tidak sempurna. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Akan tetapi, kehilangan kemampuan pendengaran cukup umum terjadi di kalangan lansia sebagai faktor bertambahnya usia. Namun, perlu diketahui bahwa ketulian ada yang bersifat permanen dan ada juga yang bersifat sementara. 

Bagaimana cara mengobati tuli?

Jika Anda mengalami kehilangan kemampuan pendengaran, Anda tidak perlu khawatir. Ingatlah bahwa kondisi ini wajar dan umum terjadi seiring bertambahnya usia. Anda bukanlah satu-satunya penderita yang mengalami ini.

Apabila ketulian yang Anda alami terjadi seiring bertambahnya usia, ada beberapa upaya pengobatan yang bisa dilakukan. Upaya tersebut meliputi:

  • Alat bantu dengar

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang dipakai di telinga. Alat ini mampu mengeluarkan suara yang lebih keras dan jelas, sehingga membantu ketika Anda tidak bisa mendengar ucapan orang lain dengan baik.

Akan tetapi, alat ini tidak bisa membantu mengembalikan pendengaran Anda seutuhnya. Alat bantu ini dapat hadir dalam berbagai macam bentuk. Ada alat yang ditempelkan di bagian belakang telinga, ada yang dipakai di dalam kanal, dan ada juga yang dimasukkan jauh ke dalam lubang telinga. 

  • Implan koklea

Pengobatan ini digunakan apabila seseorang mengalami tuli, namun gendang telinga dan telinga tengah masih bisa berfungsi dengan baik. Implan yang digunakan berupa elektroda tipis yang dipasang di dalam koklea. 

Implan koklea bekerja dengan merangsang listrik melalui mikroprosesor kecil. Kemudian, mikroprosesor ini akan ditempatkan di bawah kulit di belakang telinga.

Secara khusus, implan koklea cocok digunakan bagi pasien yang mengalami kehilangan pendengaran akibat kerusakan sel rambut di koklea. Implan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan pemahaman terhadap ucapan orang lain.

  • Implan telinga tengah

Jika implan dipasang di telinga bagian tengah, maka pemasangannya perlu dilakukan melalui prosedur operasi. Prosedurnya dilakukan oleh ahli bedah dengan menempelkan perangkat kecil ke salah satu tulang telinga tengah Anda. 

Nantinya, implan bisa digerakkan secara langsung dari tulang telinga, kemudian mengirimkan getaran suara yang lebih kuat ke telinga bagian dalam. 

Implan pada telinga tengah merupakan metode implan yang tergolong baru. Karena itu, Anda perlu memastikan kecocokan prosedurnya dengan kondisi Anda. Pastikan untuk meminta anjuran dari dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan implan ini.

  • Implan batang otak auditori

Jenis implan ini dijadikan metode pengobatan untuk kondisi tuli permanen yang parah. Secara khusus, ini dipilih apabila gangguan pendengaran Anda disebabkan oleh adanya masalah dengan saraf pendengaran. 

Cara kerja implan jenis ini sebenarnya serupa dengan implan koklea. Bedanya, sinyal suara listrik akan dikirim langsung ke otak melalui kabel, bukan ke koklea. 

Implan batang otak auditori mungkin tidak bisa sepenuhnya mengembalikan pendengaran Anda seperti semula. Akan tetapi, metode ini bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan pendengaran menjadi lebih baik.

Ada banyak sekali jenis-jenis implan dan alat bantu dengar yang digunakan sebagai metode pengobatan ketulian. Biasanya, dokter akan memberikan anjuran mengenai metode yang paling tepat untuk kondisi Anda. 

Setiap penderita bisa saja menjalani cara pengobatan yang berbeda, tergantung penyebab, jenis tuli, serta tingkat keparahan dari kondisi Anda. Dokter bisa membantu menganalisa seberapa tingkat keparahan ketulian Anda.