Obat

Methampyrone, Senyawa ‘Kunci’ dalam Neurosanbe Plus Kaplet

Methampyrone, Senyawa ‘Kunci’ dalam Neurosanbe Plus Kaplet

Neurosanbe merupakan produk farmasi yang sudah sangat familiar di Indonesia. Banyak pelaku medis yang menggunakan obat ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu varian produk Neurosanbe adalah Neurosanbe Plus yang dapat mengatasi masalah nyeri, utamanya di bagian saraf. 

Neurosanbe Plus masuk ke dalam kelompok obat NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs. Indikasi dari produk ini adalah pengobatan pada gangguan saraf seperti neuritis dan neuralgia dan gejala nyeri hebat pada penderita penyakit akibat pertambahan usia pada tulang belakang.

Selain itu, Neurosanbe Plus juga umum digunakan untuk meredakan atau mengobati berbagai macam nyeri, misalnya nyeri otot, nyeri akibat sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya. Semua indikasi atau manfaat dari obat ini berasal dari salah satu zat aktif yang dikandungnya, yakni Methampyrone atau metampiron.

Metampiron dikenal juga dengan nama metamizole atau dipiron. Ketika dikonsumsi, senyawa ini akan mulai bekerja dengan menghambat produksi zat tertentu yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Ketika dikombinasikan dengan vitamin B kompleks, Metampiron akan bekerja dengan optimal. 

Perlu diketahui bahwa di dalam Neurosanbe Plus juga terkandung vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12. Vitamin B1 berfungsi membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi  untuk otak dan saraf; vitamin B6  bekerja menjalankan fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat; sementara vitamin B12 melakukan pembentukan darah dan menyokong fungsi normal otak.

Karena mengandung Metampiron, Neurosanbe Plus tergolong sebagai obat keras. Penggunaannya harus didahului oleh pemeriksaan dokter. Setelah mengetahui kondisi seseorang, dokter baru akan meresepkan obat ini. Kendati demikian, secara umum Metampiron aman digunakan dalam dosis 0,5-4 gram per hari yang dikonsumsi 3-4 kali sehari untuk meredakan nyeri sedang hingga berat pada orang dewasa.  

  • Efek samping Metampiron

Efek samping dari Neurosanbe Plus tentu saja berkaitan dengan potensi yang dibawa oleh Metampiron. Ada banyak kemungkinan efek samping yang diberikan Metampiron, seperti:

  • Mengantuk
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Tekanan darah rendah
  • Tremor
  • Lemas
  • Mual
  • Sulit buang air kecil
  • Konstipasi
  • Diare
  • Sakit perut

Efek samping Metampiron yang disebut di atas mungkin berbeda-beda pada setiap pasien. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. 

Efek samping di atas juga bisa dipengaruhi oleh cara mengonsumsi kita. Jika dikonsumsi dengan tepat dan sesuai petunjuk, kemungkinan besar kita bisa terbebas dari efek samping tersebut, begitu juga sebaliknya. Oleh karenanya menjadi penting mengetahui aturan pakai dari Neurosanbe Plus:

  • Selalu baca petunjuk pemakaian obat sebelum menggunakan obat ini. Ikuti semua petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan atau resep.
  • Minum obat ini setelah makan. Telan obat secara langsung dengan bantuan air putih. Jangan mengunyah atau menghancurkan tablet karena hal tersebut dapat meningkatkan efek samping obat.
  • Minum obat ini di waktu yang sama setiap harinya agar kinerja obat dapat bekerja lebih efektif. Jika satu waktu Anda lupa minum obat dan jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat, segera minum ketika Anda ingat. Namun, jika jadwal konsumsinya sudah dekat, abaikan saja dan jangan menggandakan dosis obat.
  • Jangan gunakan obat ini terlalu banyak, sedikit, lebih lama dari yang disarankan. Jika setelah minum obat ini kondisi Anda tidak juga membaik atau justru memburuk, segera konsultasi ke dokter.

Kemudian seseorang perlu juga memperhatikan kemungkinan interaksi obat yang terjadi. Ada beberapa jenis obat yang mungkin akan menimbulkan efek atau reaksi tertentu jika digunakan secara bersamaan dengan Metampiron. Itulah mengapa seseorang harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Neurosanbe Plus.