Uncategorized

Apakah Cetaphil Oily Skin Cleanser Mengandung Bahan Berbahaya?

Cetaphil Oily Skin Cleanser cukup populer sebagai salah satu produk perawatan kulit berminyak yang efektif. Pembersih wajah tanpa busa ini diketahui mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengendalikan minyak berlebih di wajah.

Beberapa bahan-bahan aktif ini ada yang berbahaya dan tidak untuk kulit. Lantas, apakah Cetaphil Oily Skin Cleanser menggunakan bahan-bahan berbahaya tersebut.

Kandungan Cetaphil Oily Skin Cleanser

Dengan banyaknya masalah yang timbul akibat penggunaan bahan berbahaya dalam produk perawatan kulit, menjadi hal yang wajar jika Anda khawatir produk kesayangan Anda juga mengandung bahan berbahaya.

Inilah yang menjadi pentingnya mengenali bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit sebelum membelinya, sehingga menghindarkan Anda dari risiko-risiko yang membahayakan kulit dan kesehatan Anda.

Jika Anda pengguna produk Cetaphil, mungkin Anda pernah mendengar klaim kontroversial tentang penggunaan paraben di dalam produk tersebut. 

Paraben sudah dikenal luas sebagai bahan pengawet pada produk kosmetik. Akan tetapi paraben termasuk bahan berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hormon dan meningkatkan risiko terkena kanker. 

Di dalam Cetaphil Oily Skin Cleanser terdapat methylparaben, yang merupakan salah satu jenis paraben yang banyak ditakutkan oleh pengguna kosmetik dan skincare. Fungsinya adalah sebagai pengawet namun secara umum bahan ini dapat ditoleransi oleh kulit.

Akan tetapi, kandungan paraben di dalam Cetaphil ini memiliki konsentrasi yang sangat rendah. Selain itu Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) juga memperbolehkan penggunaannya saat ini, sehingga Anda sebenarnya tidak perlu khawatir akan penggunaan bahan ini di dalam kosmetik. 

Namun tentu saja, penggunaan jenis paraben ini dalam jangka panjang bisa meningkatkan kemungkinan adanya efek samping pada kulit maupun tubuh. Salah satu solusinya adalah menyeimbangkannya dengan beberapa bahan alami untuk kulit berminyak.

Alternatif Bahan Alami untuk Atasi Kulit Berminyak

Untuk membuat kulit berminyak Anda tetap sehat dan produksi minyaknya selalu terkontrol, Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatif. Seperti contohnya berikut ini:

1. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit berminyak dan berjerawat. Madu juga bisa menjadi pelembap alami untuk kulit berminyak.

Oles tipis madu (sebaiknya madu murni atau organik) dengan merata ke seluruh wajah, biarkan selama 10 menit hingga kering, lalu bilas dengan bersih menggunakan air hangat.

2. Oatmeal

Kandungan oatmeal mampu meredakan peradangan kulit dan menyerap minyak berlebih. Selain itu, oatmeal juga berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Haluskan oatmeal, campurkan dengan yogurt, madu, atau buah-buahan yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya. 

Aplikasikan merata di wajah lalu diamkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan menepuk-nepukkan handuk. 

3. Putih telur dan lemon

Campuran kedua bahan ini adalah cara tradisional untuk mengatasi kulit berminyak, sebab keduanya mampu mengecilkan dan mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon juga bisa menyerap minyak berlebih.

Jika Anda tidak alergi telur, bisa coba gunakan campuran keduanya sebagai masker wajah. Aplikasikan campuran putih telur dengan 1 sdt air lemon aplikasikan merata di wajah lalu diamkan hingga kering, baru bilas menggunakan air hangat dan keringkan wajah.

4. Kacang almond 

Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya berfungsi untuk eksfoliasi kulit, tapi juga dapat menyerap minyak berlebih dan kotoran di wajah. Anda bisa membuat scrub wajah dari kacang almond dan madu.

Campurkan 3 sdt bubuk kacang almond, tambahkan dengan 2 sdm madu murni. Aplikasikan ke wajah secara lembut dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan wajah. 

5. Lidah buaya

Secara ilmiah, lidah buaya (aloe vera) terbukti ampuh mengatasi kulit berminyak. Hal ini terlihat dari banyaknya produk perawatan kulit yang kini menggunakan bahan dasar atau tambahan dari lidah buaya.

Aplikasikan gel atau produk dengan bahan dasar lidah buaya secara tipis di wajah sebelum tidur, diamkan sampai pagi hari. Perlu dicatat, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. 

6. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat (salicylic acid) alami yang dikenal sebagai bahan terbaik untuk mengatasi jerawat. Asam tersebut juga bisa membantu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan sumbatan pada pori-pori.

Anda bisa membuat masker buah tomat, dengan cara menghaluskan daging tomat dengan 1 sdt gula, kemudian gosokkan ke wajah perlahan dengan gerakan memutar. Setelah itu diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua kegunaan bahan alami diteliti dengan baik. Kesuksesan penggunaannya bergantung dari beberapa faktor seperti kondisi Anda secara spesifik dan kualitas bahan yang Anda gunakan.

Selama tidak muncul gejala yang mengganggu atau memburuk, Anda tetap bisa menggunakannya. Tentunya lebih baik jika digunakan sebagai alternatif dari penggunaan produk perawatan kulit berminyak seperti Cetaphil Oily Skin Cleanser.