Penyakit

Bagaimana Cara Menghilangkan Daging Tumbuh?

Sebagian orang berpikir bahwa menjaga penampilan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga penampilan, baik dengan cara sederhana maupun cara yang lebih rumit. Sebagian orang bahkan ingin melakukan operasi untuk memperbaiki penampilannya. Operasi menjadi pilihan bagi sebagian orang karena alasan tertentu seperti daging tumbuh atau skin tag.

Cara menghilangkan daging tumbuh salah satunya bisa dengan operasi

Pemahaman Tentang Daging Tumbuh

Daging tumbuh merupakan kondisi yang terlihat seperti kutil dan memiliki ukuran benjolan yang sangat kecil (sekitar 0,2 cm). Pada sebagian kasus, daging tumbuh bisa mencapai sekitar 5 cm. Daging tumbuh meliputi inti serat dan saluran, sel saraf, sel lemak, dan epidermis atau penutup. Kondisi tersebut juga bersifat non-kanker dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Daging tumbuh tampak berwarna daging atau hampir berwarna cokelat. Daging tumbuh tidak akan terasa sakit jika disentuh atau digaruk. Tergantung pada ukurannya, daging tumbuh bisa pecah jika terus mengalami tekanan (seperti disentuh).

Daging tumbuh terjadi pada pria dan wanita, khususnya jika mereka berusia lebih dari 50 tahun. Daging tumbuh bisa terjadi di bagian kulit manapun, termasuk bagian ketiak dan paha.

Penyebab Daging Tumbuh

Tidak ada penyebab yang pasti mengapa seseorang bisa memiliki daging tumbuh, namun kondisi tersebut diduga bahwa kolagen dan pembuluh darah menumpuk dan terperangkap di dalam potongan kulit yang lebih tebal. Selain itu, daging tumbuh juga berkaitan dengan faktor genetik dimana seseorang yang mengalaminya bisa menyebarkan ke anaknya.

Faktor Risiko Daging Tumbuh

Berikut adalah orang-orang yang lebih rentan terhadap daging tumbuh:

  • Memiliki anggota keluarga yang mengalami daging tumbuh.
  • Memiliki berat badan yang berlebihan.
  • Menderita diabetes.
  • Sedang hamil.
  • Penderita HPV (virus yang menyebabkan masalah pada kulit).
  • Penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).

Jika Ada Kondisi yang Serupa

Walaupun daging tumbuh bukan merupakan kondisi yang berbahaya, Anda juga perlu waspada terhadap kondisi yang tampak seperti daging tumbuh (misalnya, tahi lalat). Kondisi tersebut mungkin bersifat kanker. Jika Anda mengalami gejala tertentu karena kondisi yang Anda alami seperti kanker, Anda sebaiknya temui dokter.

Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis dan obat yang Anda gunakan (jika ada).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Seperti apakah gejala yang terjadi?
  • Apakah Anda mengalami kondisi lain?

Diagnosis Terhadap Daging Tumbuh

Untuk mengetahui kondisi Anda, dokter dapat melakukan diagnosis dengan melakukan tes secara visual dan biopsi (jika perlu).

Cara Menghilangkan Daging Tumbuh

Jika daging tumbuh berukuran sangat kecil, daging tumbuh mungkin dapat hilang dengan sendiri. Jika daging tumbuh menimbulkan iritasi pada kulit dan ukurannya besar, Anda bisa meminta dokter untuk menghilangkannya. Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan daging tumbuh:

  • Cryotherapy

Caranya dapat dilakukan dengan membekukan daging tumbuh dengan nitrogen cair.

  • Operasi

Caranya dapat dilakukan dengan menggunakan pisau bedah.

  • Bedah listrik

Caranya dapat dilakukan dengan membakar daging tumbuh dengan energi berfrekuensi tinggi.

  • Ligasi

Caranya dapat dilakukan dengan mengikat daging tumbuh dengan benang bedah untuk memotong aliran darahnya.

Kesimpulan

Daging tumbuh merupakan salah satu kondisi yang tidak berbahaya bagi tubuh, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kulit. Ukuran daging tumbuh bervariasi. Jika Anda memiliki daging tumbuh dan ingin menghilangkannya, Anda bisa mencoba cara-cara yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut tentang daging tumbuh, Anda bisa bertanya kepada dokter.