Uncategorized

Baik Dikonsumsi saat Masa Kehamilan, Inilah Manfaat Sawo

Banyak yang mempertanyakan terkait manfaat buah sawo yang baik dikonsumsi ntuk masa kehamilan. Nah, Anda perlu mambaca ulasan berikut ini agar mengetahui beragam manfaat sawo yang bisa Anda dapatkan. 

Selain itu, ternyata tidak hanya aman dikonsumsi saat Anda hamil, sawo juga baik untuk bayi dan Anda. Nutrisi yang banyak dalam kandungan buah sawo tersebut menjadikannya sebagai makanan super yang sangat baik bagi ibu hamil. 

Nilai gizi buah yang yang baik untuk masa kehamilan 

Sawo mengandung vitamin, mineral, dan kalori sehat, sementara juga kaya akan antioksidan. Untuk porsi 100 gram, berikut ini adalah rincian nilai gizi buah sawo. Setelah melihat hal itu, Anda akan dapat menjawab apakah aman makan sawo selama kehamilan. 

Mengonsumsi sawo bisa memberikan energi dosis tinggi, sekitar 83 kalori dengan karbohidrat sebesar 19 gram dan 14 gram folat. Vitamin A sekitar 18 mcg, vitamin C sekitar 14,7 mcg, natrium 12 mg, magnesium dan fosfor 12 mg. Tak hanya itu, sawo juga mengandung serat 5,3 g, 193 mg kalium, dan 0,44 mcg protein. 

Pada wanita yang hamil, makan apa pun dalam jumlah sedang adalah kunci kesehatan yang baik, tidak hanya saat Anda hamil, tetapi juga sebaliknya. Agar manfaat sawo dapat dirasakan, jumlah rata-rata 100-120 gram sehari harus dikonsumsi.

Manfaat Sawo saat masa kehamilan 

Manfaat sawo memang bisa dirasakan sebelum ataupun selama masa kehamilan. Berikut ini beragam manfaat buah sawo bagi Anda yang sedang menikmati masa kehamilan. 

1.  Meningkatkan Energi 

Buah sawo kaya akan fruktosa dan sukrosa yang akan memberi Anda dorongan energi instan. Apalagi, sawa menjadi buah yang kaya akan rasa manis dan segar sehingga bisa membantu meningkatkan energi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sawo pun melimpah. Cocok untuk dinikmati saat Anda sedang bersantai.   

2. Mencegah Infeksi Bakteri 

Cara terbaik untuk mencegah infeksi selama kehamilan Anda adalah makan sawo, yang merupakan penghambat infeksi bakteri yang terkenal karena adanya antioksidan polifenol. 

3. Menurunkan Stres 

Kebanyakan ibu hamil mengeluh stres. Fakta yang kurang diketahui tentang sawo adalah bahwa itu adalah obat penenang alami yang menenangkan dan menenangkan saraf dan juga meredakan stres.

4. Mengatur Tekanan Darah 

Buah sawo kaya akan magnesium dan potasium, yang sangat penting untuk pengaturan tekanan darah yang tepat. Karena itu, buat tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang hamil. Apalagi, salah satu hal paling umum yang harus dihadapi wanita hamil ialah fluktuasi tekanan darah sehingga memakan sawo bisa menjadi solusinya. 

5.  Mengurangi mual 

Buah sawo juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual yang Anda rasa setiap hari. Tak dimungkiri, salama masa kehamilan, Anda biasanya dilanda rasa mual. Untuk itu, mengonsumsi sawo bisa memberi Anda banyak energi yang dibutuhkan untuk mencegah mual hingga pusing. 

6. Melawan rasa lemah ataupun lesu 

Manfaat yang besar juga bisa Anda rasakan berupa konsumsi jus sawo selama kehamilan. Itu penuh dengan nutrisi pemberi energi yang akan membantu Anda mengatasi kelelahan dan kelemahan umum. 

7. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan 

Mengonsumsu buah yang satu ini juga bisa menjaga saluran pencernaan Anda agar tetap sehat. Sebab, saat Anda hamil, biasanya ada beberapa perubahan pada tubuh Anda. Karena itu, Anda disarankan untuk makan sawo untuk memerangi peradangan di usus. 

8. Memperkuat tulang 

Sawo merupakan buah manis sebagai sumber yang kaya akan kalsium, zat besi, dan fosfor. Mineral ini penting untuk pemeliharaan kesehatan tulang Anda apalagi saat masa kehamilan. 

9. Menghilangkan Racun 

Buah sawo adalah diuretik alami dan agen detoksifikasi. Hal itu befungsi untuk membuang segala racun yang tak sehat dari tubuh Anda. Selain itu, cara kerjanyasehat bisa mempertahankan tingkat buang air kecil yang sehat bagi tubuh Anda. 

Cara memilih dan menyimpan sawo 

Cara praktis untuk mendapatkan manfaat serta nutrisi buah ialah makanlah di saat buah tersebut sedang segar. Karena itulah, Anda harus menyimpan sawo hanya selama maksimal tiga hingga empat hari. 

Periksa apakah buah memiliki permukaan yang halus dan sedikit lunak saat Anda menekannya dengan lembut. Sebab, makin lembut daging buahnya, makin nikmat untuk dikonsumsi. 

Anda dapat menyimpan sawo pada suhu kamar selama beberapa hari, tetapi Anda juga dapat menyimpannya di lemari es hingga seminggu.  Simpanlah buah sawo di tempat yang sejuk dan kering serta jauhkan dari sinar matahari secara langsung. 

Panduan Diet Kehamilan dengan konsumsi Sawo 

Selain manfaat sawo bisa beguna untuk kesehatan tubuh, sawo juga bisa diolah sedemikian rupa untuk pelengkap kebutuhan diet Anda saat masa kehamilan. 

Buah kaya nutrisi yang tinggi adalah pasti ya untuk daftar. Selain memasukkannya ke dalam mangkuk makanan Anda, berikut adalah cara membuat jus sawo. 

– Cucilah sawo dengan baik setelah membuang kulitnya. Potonglah buah tersebut menjadi potongan-potongan kecil.

– Tambahkan setengah cangkir susu ke dalam blender. Untuk itu, tambahkan sawo yang dicincang.

– Campur dengan baik. Anda juga bisa menambahkan susu sedikit demi sedikit.

– Tambahkan madu sesuai kebutuhan. Cicipi dulu untuk memahami rasa manisnya. Sebab, sawo manis secara alami dan paling enak dicicipi sebelum menambahkan madu.

– Aduk terus sampai Anda mendapatkan konsistensi yang halus.

– Jus sawo aman untuk diminum selama kehamilan. Anda hanya perlu memeriksa jumlah buah yang Anda konsumsi. 

Manfaat buah sawo selama awal kehamilan juga sama baiknya. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui jumlah yang dapat Anda konsumsi.  

Paling sering, ini ditentukan oleh berat badan, usia, dan situasi kesehatan Anda. Namun, sulit untuk benar-benar melepaskan buah yang luar biasa dan lezat secara alami ini.