Kulit & Kelamin

Beragam Jenis Biang Keringat Atasi dengan Caladine Powder

Ada beberapa jenis ruam kulit. Kondisi tersebut dapat mengkhawatirkan, terasa tidak nyaman, bahkan menyebabkan rasa nyeri. Salah satu jenis ruam kulit adalah biang keringat atau dikenal dengan sebutan miliaria.

Biang keringat adalah kondisi kulit yang sering memengaruhi anak-anak dan orang dewasa yang tinggal di lingkungan dengan kondisi cuaca panas dan lembap. Anda bisa menderita biang keringat ketika pori-pori tersumbat dan keringat tidak dapat keluar. Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan menggunakan Caladine powder

Gunakan Caladine powder ketika Anda atau keluarga menderita biang keringat. Penyebab biang keringat biasanya gesekan pada permukaan kulit. Orang dewasa akan mengembangkan biang keringat pada bagian tubuh manapun yang bergesekan satu sama lain, misalnya di bagian paha dalam atau di bawah lengan. 

Bayi biasanya akan mengembangkan biang keringat di leher, namun kondisi ini juga dapat terjadi pada lipatan kulit seperti di ketiak, siku, ataupun di paha. Jenis biang keringat yang berbeda akan memiliki tingkat keparahan yang berbeda pula, dengan tampilan yang sedikit berbeda. 

  • Miliaria crystallina. Ini adalah jenis biang keringat yang paling umum dijumpai dengan gejala yang paling ringan. Apabila Anda memiliki miliaria crystallina, Anda akan melihat adanya benjolan putih kecil bening yang berisi cairan pada permukaan kulit. Benjolan tersebut merupakan gelembung keringat yang mudah pecah. Berbeda dengan kepercayaan banyak orang, biang keringat jenis ini tidak menyebabkan gatal dan tidak menyakitkan. Miliaria crystallina lebih umum dijumpai terjadi pada bayi dibandingkan dengan orang dewasa. 
  • Miliaria rubra. Jenis ini lebih umum dijumpai terjadi pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Miliaria rubra dikenal dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dibandingkan dengan miliaria crustallina karena kondisi ini terjadi di bagian lebih dalam lapisan luar kulit Anda, atau pada bagian epidermis. Miliaria rubra terjadi pada kondisi yang panas dan lembap dan dapat menyebabkan sensasi gatal atau seperti ditusuk, benjolan merah pada kulit, kurangnya keringat pada daerah yang terdampak, dan peradangan atau nyeri pada kulit karena tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat lewat permukaan kulit. 

Benjolan yang muncul akibat miliaria rubra terkadang dapat berkembang dan berisi nanah. Ketika kondisi ini terjadi, dokter akan menyebutnya sebagai miliaria pustulosa. 

  • Miliaria profundal. Ini adalah jenis biang keringat yang paling jarang ditemui. Kondisi ini dapat terjadi ketika biang keringat sering terjadi dan berubah menjadi kronis, atau jangka panjang. Biang keringat jenis ini terjadi pada dermis, yang mana merupakan lapisan lebih dalam kulit Anda. Miliaria profunda biasanya terjadi pada orang dewasa setelah periode aktivitas fisik yang memproduksi keringat. Apabila Anda memiliki miliaria profundal, Anda akan melihat adanya benjolan lebih besar, keras, dengan warna yang seperti daging. Karena biang keringat membuat keringat tidak dapat meninggalkan kulit, hal ini dapat menyebabkan penderita biang keringat mual dan pusing. 

Biang keringat terjadi ketika pori-pori tersumbat dan tidak dapat mengeluarkan keringat. Kondisi ini lebih sering terjadi di bulan-bulan hangat, iklim yang lebih hangat, dan setelah aktivitas olahraga yang intens. Memakai pakaian tertentu dapat menjebak keringat, menyebabkan biang keringat. 

Menggunakan lotion atau krim yang kental juga dapat menyebabkan biang keringat. Ada pula kemungkinan mendapatkan biang keringat meskipun Anda berada dalam suhu yang lebih dingin, terutama apabila Anda memakai pakaian yang menyebabkan panas berlebih atau tidur di bawah selimut yang sangat tebal. Biang keringat dapat diatasi menggunakan Caladine powder.