Hidup Sehat

Berbagai Manfaat Madurasa Original Bagi Kesehatan Tubuh

Telah sejak lama madu digunakan baik sebagai bahan makanan ataupun sebagai obat alami. Madu mengandung senyawa tanaman yang sangat bermanfaat dalam jumlah tinggi dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Ada banyak produk madu di pasaran saat ini, salah satunya adalah madurasa. Madu khususnya sangat bermanfaat dan menyehatkan apabila digunakan sebagai pengganti gula tambahan karena madu 100 persen bebas kalori. Artikel ini akan membahas manfaat madurasa original

Ada banyak manfaat madurasa original yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur, seperti:

  • Madu mengandung beberapa nutrisi

Manfaat madurasa original yang pertama adalah kandungan nutrisi yang dimilikinya. Madu adalah cairan kental manis yang dibuat oleh lebah madu. Lebah madu akan mengumpulkan gula, umumnya nectar bunga kaya gula, di lingkungan sekitar. Saat berada di dalam sarang lebah, lebah madu akan berulang kali mengonsumsi, mencerna, dan memuntahkan nectar. Produk akhir dari proses ini adalah madu, cairan yang awalnya bertujuan sebagai makanan simpan untuk lebah. Bau, warna, dan rasa madu akan bergantung pada jenis bunga yang dihinggapi oleh lebah. 

Dalam segi nutrisi, 1 sendok makan madu (21 gram) akan mengandung 64 kalori dan 17 gram glua, termasuk fruktosa, glukosa, sukrosa, dan maltose. Madu tidak mengandung serat, lemak, dan protein. Madu juga hanya memiliki vitamin dan mineral dalam jumlah yang sangat sedikit, sekitar kurang dari 1 persen dari RDI. 

  • Madu kualitas tinggi kaya antioksidan

Madu dengan kualitas yang tinggi mengandung banyak antioksidan penitng, termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi antara senyawa tersebut dapat memberi madu kekuatan antioksidan yang dimilikinya. Dua studi telah menunjukkan madu gandum hitam dapat meningkatkan nilai antioksidan di dalam darah Anda. Antioksidan telah dihubungkan dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Antioksidan juga dapat mendukung kesehatan mata. 

  • Madu tidak berbahaya seperti gula untuk mereka penderita diabetes

Bukti seputar madu dan diabetes sangat beragam. Dalam satu sisi, madu dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung yang umum dijumpai pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Misalnya, madu dapat menurunkan kolesterol LDL jahat, trigliserida, dan peradangan sekaligus meningkatkan level kolesterol HDL baik. Akan tetapi, beberapa studi juga menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan level gula darah, namun tidak sebanyak gula halus. 

Meskipun madu sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan gula halus bagi orang-orang yang menderita diabetes, madu harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Faktanya, orang-orang yang menderita diabetes akan lebih baik mengurangi makanan yang tinggi kandungan karbohidrat. Selain itu, penting untuk diingat bahwa beberapa jenis madu dapat ditambah sirup. 

  • Antioksidan dapat membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penting penyakit jantung, dan madu dapat membantu menurunkannya. Hal ini disebabkan karena madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dihubungkan dengan penurunan tekanan darah. Studi pada tikus dan manusia telah menunjukkan adanya penurunan tekanan darah dari konsumsi madu. 

Manfaat madurasa original di atas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi produk ini secara rutin. Madu tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat, tetapi juga dapat menjadi alternatif gula halus yang lebih sehat. Pastikan Anda memilih produk madu dari merek kualitas tinggi seperti madurasa. Selain itu, penting untuk diingat untuk selalu mengonsumsi madu dalam batas yang wajar, karena kandungan kalori dan gula di dalamnya yang tinggi. 

Sumber: