Uncategorized

Cara Mencegah Ruam Popok dengan Mitu Baby Wipes

Kulit bayi memang memiliki kondisi yang berbeda dari kulit orang dewasa. Hal ini karena kulit bayi apalagi bayi yang baru lahir pada umumnya lebih tipis, sensitif, lembut dan rentan untuk terkena masalah kulit. Tak jarang, Anda tentu kerap melihat bayi memiliki kondisi kulit seperti ruam yang bisa disebabkan karena iritasi akibat terkena zat-zat yang merupakan komposisi dari produk perawatan kulit seperti pewangi, pewarna, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati untuk merawat kulit bayi. Salah satu cara untuk merawat kulit bayi agar terhindar dari ruam popok adalah dengan membersihkannya dengan hati-hati menggunakan Mitu Baby Wipes.

Penyebab Ruam Popok 

Ruam popok dapat terjadi pada area kulit yang tertutup oleh popok. Ruam ini bisa ditimbulkan karena terjadi kelembapan berlebih yang dapat memicu iritasi dari popok itu sendiri. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis ruam popok yang justru mengindikasikan kondisi medis yang mendasarinya.

Ruam popok bisa muncul secara ringan, tapi bisa juga terjadi sangat parah yang dapat menimbulkan bekas merah yang menyakitkan dan terkadang membuat kulit menjadi pecah-pecah. Anda bisa mencegah terjadinya ruam popok dengan selalu rutin menjaga kebersihan menggunakan Mitu Baby Wipes.

Jenis Ruam Popok

Ruam popok dapat dibedakan dalam beberapa jenis sebagai berikut.

Dermatitis Kontak Iritan

Ruam popok yang disebabkan karena karena ada sesuatu di popok, atau faktor popok itu sendiri yang dapat mengiritasi kulit. Dermatitis ini akan semakin memburuk jika bayi dibiarkan untuk duduk di popok yang basah atau kotor dalam waktu  yang lama.

Kandidiasis

Jamur Candida juga bisa hidup di kulit dan area popok, sehingga dapat menimbulkan ruam popok yang mengganggu yang sering disebut sebagai kandidiasis atau infeksi jamur. Anda bisa mengatasi ruam popok jenis kandidiasis dengan menggunakan krim khusus ruam popok.

Eksim

Eksim juga dapat menyebabkan timbulnya ruam pada kulit yang tertutup popok. Kulit yang eksim akan terlihat sangat kering dan tampak teriritasi, seperti muncul bercak merah atau kulit menjadi keras dan terlihat bersisik.

Cara Mencegah Ruam Popok

Ruam popok sering ditimbulkan karena popok yang basah dan kotor tidak diganti dalam waktu yang lama. Ruam juga bisa berkembang jika kulit bayi Anda tidak dikeringkan dengan benar setelah dimandikan. Tak hanya itu, bayi yang sedang memakai antibiotik juga menjadi rentan terhadap infeksi jamur yang menyebabkan ruam popok. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan hal sebagai berikut untuk mengobati ruam popok, seperti:

  • Memeriksa popok sesering mungkin.
  • Segera mengganti popok saat sudah basah atau kotor.
  • Cuci area ppok dengan pembersih ringan bebas pewangi seperti Mitu Baby Wipes atau menggunakan air biasa. Jika ruam sudah parah, Anda bias menggunakan botol spray untuk membersihkan area tersebut tanpa harus menggosok.
  • Gunakan kain bersih dan lembut untuk mengeringkan kulit bayi.
  • Keringkan kulit bayi tanpa menggosoknya. Biarkan area popok mengering sepenuhnya sebelum Anda memakaikan bayi Anda popok baru.
  • Anda juga bisa mengolesi petroleum jelly atau krim salep pelindung dari ruam popok.
  • Hindari menggunakan bedak bayi apalagi yang memiliki kandungan pewangi.

Jika ruam popok pada anak Anda tidak segera hilang dalam dua hingga tiga hari, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda kepada dokter. Jika ruam popok yang terjadi disebabkan karena eksim, infeksi bakteri dan jamur, Anda mungkin memerlukan resep obat tertentu.

Anda juga bisa menggunakan produk Mitu Baby Wipes untuk membantu membersihkan kulit bayi setelah menggunakan popok lama. Hal ini karena Mitu Baby Wipes dilengkapi dengan vitamin E yang diklaim dapat melembapkan kulit bayi serta mencegah iritasi karena sering tertutup popok. Tak hanya itu, Mitu Baby Wipes juga tidak mengandung alkohol dan telah teruji tidak menimbulkan iritasi. Anda bisa mendapatkan Mitu Baby Wipes dengan harga Rp 19.800 untuk kemasan refill isi 60 pcs.