Uncategorized

Inilah Dosis dan Aturan Pakai Breathy Nasal Spray yang Perlu Anda Tahu

Nasal spray merupakan salah satu alat bantu kesehatan hidung yang berguna untuk meredakan dan melegakan hidung dari berbagai gangguan seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, atau produksi cairan berlebihan dari hidung. Seperti kita ketahui bersama bahwa tubuh manusia dilengkapi dengan 5 panca indera, yaitu indera peraba (kulit), indra penglihatan (mata), indera perasa (lidah), indra pendengar (telinga) dan yang terakhir adalah indera pencium (hidung). Setiap panca indera ini memiliki kemampuan masing-masing yang sangat berpengaruh pada proses keseimbangan kehidupan manusia. Jadi, apabila salah satu dari indera ini mengalami kerusakan, akan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Hidung yang merupakan salah satu bagian dari panca indera, juga memiliki andil besar bagi kesehatan seseorang. Seperti yang sudah diketahui bahwa hidung merupakan saluran yang berperan sebagai pintu masuk dan keluarnya udara untuk selanjutnya disalurkan ke organ pernapasan manusia. Selain itu hidung memiliki berbagai peran penting bagi manusia, seperti sebagai sarana penyaring, pelembab dan penghangat udara yang masuk ke dalam tubuh, sebagai salah satu media pertahanan diri manusia karena dengan hidung yang berfungsi dengan baik seseorang dapat mengidentifikasi bau dan membedakan zat– zat mana saja yang akan mengancam tubuh. Hidung juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi rasa suatu makanan sehingga bisa menggugah selera makan seseorang dan mampu merangsang memori atau emosi seseorang.

Peran hidung yang sangat komplit tersebut membuat hidung menjadi salah satu organ tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Terdapat berbagai jenis penyakit atau gangguan yang dapat mengancam kesehatan hidung, seperti flu, pilek, sinusitis, polip, anosmia, dan penyakit hidung lainnya. Gangguan dan penyakit pada hidung ini disebabkan oleh berbagai hal seperti virus, bakteri, jamur, debu, alergi dan lainnya.

Untuk mengatasi berbagai jenis gangguan hidung tersebut, Anda dapat menggunakan nasal spray atau semprotan hidung yang mampu melindungi hidung dari berbagai risiko. Kini ada banyak merk nasal spray yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah Breathy nasal spray. Breathy nasal spray mengandung zat Sodium Chloride aktif dan Natrium Klorida yang berfungsi untuk melembabkan hidung yang kering, sehingga mampu membersihkan kerak hidung yang kering akibat alergi, pilek atau iritasi.

Dosis Pemakaian Breathy Nasal Spray

Breathy nasal spray aman digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari bayi, anak-anak, hingga dewasa. Namun perlu dipastikan bahwa Anda menggunakannya sesuai dengan dosis pemakaian yang dianjurkan, terutama bagi anak-anak dan bayi. Agar tidak salah memberikan dosis pemakaian, berikut dosis pemakaian Breathy Nasal Spray yang perlu Anda tahu.

  • Dewasa: 2 hingga 6 x semprot sehari untuk setiap lubang hidung
  • Anak dan bayi kurang dari 1 bulan: 1 x semprot sehari untuk setiap lubang hidung

Aturan Pakai Breathy Nasal Spray

Selain dosis pemakaian, Anda juga harus memperhatikan aturan pakai Breathy Nasal Spray agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Adapun aturan pakai Breathy Nasal Spray adalah sebagai berikut.

  1. Simpan Breathy nasal spray pada tempat kering dan suhu ruangan sekitar 30 derajat Celcius
  2. Pastikan mengikuti dosis yang telah dianjurkan
  3. Penggunaan Breathy nasal spray hanya dapat digunakan di hidung saja
  4. Jika terjadi efek samping yang berkelanjutan, segera hubungi dokter

Itulah dosis dan aturan pakai Breathy nasal spray yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda menggunakan penyemprot hidung ini dengan baik dan sesuai aturan pakai agar mendapat manfaat yang maksimal serta terhindar dari efek samping yang buruk.