Uncategorized

Inilah Penyebab Perut Kencang Saat Hamil

Perut kencang saat hamil bisa terjadi di sepanjang trimester kehamilan

Perut kencang saat hamil merupakan keluhan yang sering muncul di hampir setiap trimester kehamilan. Di satu sisi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa janin tumbuh dengan baik. Namun, di sisi lain, perut yang terasa kencang saat hamil bisa menjadi gejala gangguan kehamilan yang perlu diwaspadai.

Perut kencang saat hamil dapat terjadi karena perubahan hormon atau bisa juga dipengaruhi oleh perkembangan janin. Kondisi ini umum terjadi selama kehamilan, tetapi bukan berarti dapat dianggap sepele. Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui beragam penyebab perut kencang saat hamil.

Perut kencang saat hamil adalah hal yang wajar dan bisa terjadi sepanjang kehamilan.  Penyebab perut kencang saat hamil bisa dibedakan berdasarkan trimester kehamilan yang sedang dijalani.

  1. Trimester pertama

Ada beberapa alasan mengapa seorang ibu hamil bisa merasakan  perut kencang saat hamil muda. Terlebih pada trimester pertama, seorang wanita sedang beradaptasi dengan kondisi yang serba baru, seperti

  • Rahim yang berkembang

Pada periode awal kehamilan, rahim sedang bertumbuh dan meregang untuk memberi ruang bagi janin. Proses ini bisa menjadi penyebab perut kencang saat hamil di salah satu bagian perut. Ligamen dan jaringan lainnya di perut juga ikut meregang untuk menyesuaikan.

  • Konstipasi

Selain itu, perut kencang saat hamil juga bisa terjadi karena konstipasi. Hormon saat hamil bisa menyebabkan saluran cerna bekerja lebih lambat. Konsumsi vitamin zat besi saat hamil juga membuat BAB menjadi lebih keras.

  • Keguguran

Perut kencang saat hamil juga menjadi sinyal terjadinya keguguran yang terjadi pada trimester pertama.  Biasanya, bumil juga akan merasakan sakit punggung, pendarahan dari vagina, juga kram perut saat hamil. Ada kemungkinan pula Anda mengalami persalinan prematur bila perut kencang saat hamil dirasakan pada fase ini.

  1. Trimester kedua

Banyak yang menyebut trimester kedua adalah fase yang paling nyaman bagi ibu hamil. Ketidaknyamanan, seperti mual saat hamil, sudah berkurang sehingga situasi lebih stabil.  Meski demikian, ada beberapa hal yang juga menyebabkan perut kencang saat hamil trimester 2, yaitu

  • Peregangan ligament

Proses peregangan ligamen terus berlangsung hingga trimester kedua kehamilan. Ligamen ini terletak di kedua sisi rahim dan menghubungkan rahim ke paha. Biasanya, rasa nyeri pun akan muncul saat berganti posisi dari duduk ke berdiri atau sebaliknya.

  • Kontraksi palsu (Braxton-Hicks)

Pada trimester kedua, uterus sedang bersiap untuk persalinan beberapa bulan ke depan. Itulah saat Braxton-Hicks contraction atau yang biasa disebut kontraksi palsu terjadi. Penyebab perut kencang saat hamil ini dipercaya memperkuat otot rahim dan melancarkan aliran darah ke plasenta. Biasanya, kontraksi Braxton-Hicks terjadi sekitar 30-60 detik. Terkadang, bisa terasa hingga 2 menit. Namun, jangan khawatir karena kontraksi palsu sangat normal dan hampir semua bumil mengalaminya.

  • Perut terasa bergas dan kembung

Menurut riset terbitan Molecular and Cellular Endocrinology, saat hamil, kadar hormon progesteron pun meningkat. Jadi, ini membuat otot menjadi lemas, termasuk otot pada saluran pencernaan. Efeknya, pencernaan di dalam usus pun melambat dan menimbulkan penumpukan gas di dalam perut. Oleh karena itu, Anda pun merasa kembung. Jadi, ini membuat perut kencang saat hamil pun tak tertahankan. 

  1. Trimester ketiga

Saat trimester 3, penyebab perut kencang saat hamil didominasi Braxton-Hicks dan kontraksi menuju persalinan Saat trimester 3, penyebab perut kencang saat hamil didominasi Braxton-Hicks dan kontraksi menuju persalinan. Memasuki trimester ketiga pada masa kehamilan, kontraksi Braxton-Hicks semakin sering terjadi dan juga lebih intens. Ketika usia kehamilan sudah cukup, biasanya kontraksi terjadi semakin intens dengan ciri-ciri utama perut terasa kencang dan munculnya rasa nyeri. Anda bisa menghitung frekuensi dan interval kontraksi dengan timer. Ketika sudah semakin cepat, Anda bisa segera merencanakan untuk ke rumah sakit.

Itulah fase perut kencang saat hamil mulai dari trimester pertama hingga ketiga. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan panik dan tetaplah tenang untuk mengatasinya. Kondisi yang tenang dan rileks akan membuat perut kencang menjadi melemah secara perlahan.