Obat

Kegunaan dan Aturan Pakai Gitas Plus Tablet

Gitas Plus tablet merupakan obat dengan kombinasi zat aktif paracetamol dan Hyoscine N Butylbromide yang berguna untuk mengobati nyeri pada penderita penyakit lambung. Tidak hanya itu, obat ini juga berfungsi mengatasi nyeri kejang pada kandung empedu dan saluran kandung kemih serta kejang pada organ genitalia wanita saat nyeri haid.

Paracetamol umumnya berfungsi meredakan nyeri tingkat ringan, seperti  sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung hingga demam. Sementara itu, Hyoscine N Butylbromide adalah obat golongan antispasmodik yang digunakan untuk meredakan kram perut yang terjadi akibat kontraksi berlebihan oleh otot kandung kemih dan otot usus.

Indikasi/Manfaat

Ketahui sejumlah manfaat Gitas Plus sebagai berikut.

  1. Meredakan kram perut

Kram perut yaitu kondisi di mana otot perut menegang secara tiba-tiba dan tidak bisa dikendalikan. Meski tidak memerlukan diagnosis yang serius, kram perut yang terus berulang dan berlangsung lebih dari sehari harus diwaspadai.

Ada banyak faktor penyebab kram perut seperti keracunan makanan, gangguan organ pencernaan, penumpukan gas, infeksi saluran pencernaan, intoleransi laktosa hingga radang usus. Sulit untuk menentukan diagnosis yang tepat apabila terjadi kram perut sebab banyaknya organ yang ada di dalam perut. Maka dari itu, saat berobat sebutkanlah pada bagian mana perut yang terasa keram.

  1. Meringankan nyeri paroxismal

Nyeri paroxismal adalah nyeri yang terjadi dalam waktu yang singkat pada lambung dan usus dengan gejala yang sama.

  1. Meredakan nyeri spastik

Nyeri spastik adalah istilah yang merujuk pada kondisi tegang otot. Gangguan ini mencegah aliran cairan di dalam tubuh bekerja dengan normal. Sementara itu, nyeri spastik dipicu oleh kontraksi otot yang berkepanjangan.

  1. Meredakan nyeri menstruasi atau dismenore

Nyeri saat datang bulan umumnya dirasakan pada perut bagian bawah yang menjalar hingga ke punggung. Meski tidak membahayakan, namun dismenore sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan nyeri saat menstruasi seperti:

  • Pubertas lebih awal, di bawah usia 11 tahun
  • Pendarahan haid yang tergolong berat (menorrhagia)
  • Menstruasi yang tidak biasa, terjadi di luar siklus bulanan
  • Riwayat nyeri haid dalam keluarga
  • Kebiasaan merokok
  • Penggunaan alat kontrasepsi seperti KB spiral yang terbuat dari tembaga dan plastik
  • Usia di atas 30 tahun

Nyeri menstruasi dapat diredakan dengan sejumlah upaya, misalnya kompres hangat pada perut dan pinggang, minum obat pereda nyeri seperti Gitas Plus tablet, mengubah pola hidup, menggunakan kontrasepsi hormonal hingga menjalani operasi pengangkatan rahim apabila diperlukan.

  1. Meredakan mual dan muntah

Kandungan paracetamol yang terdapat dalam Gitas Plus tablet dapat meredakan gejala mual dan muntah.

Dosis Pemakaian Obat

Gitas Plus tergolong obat keras, sehingga penggunaannya harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Obat ini sebaiknya tidak diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak, kecuali atas anjuran dokter. Berikut dosis pemakaian Gitas Plus tablet:

  • Dewasa, 3 kali sehari (1-2 tablet)
  • Batas konsumsi maksimal 6 tablet per hari.

Aturan Pemakaian Obat

  • Gitas Plus bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Simpan obat pada suhu sejuk di bawah 30 derajat Celcius dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Jangan diberikan pada pasien dengan penyakit glaukoma, gangguan fungsi hati serta pasien yang memiliki alergi terhadap dua komponen zat aktif obat ini.

Demikianlah beberapa informasi terkait penggunaan Gita Plus tablet. Apabila timbul efek samping yang tidak normal serta tidak kunjung membaik setelah minggu pertama mengonsumsi obat ini, segera  hubungi dokter.