bayi & menyusui

Kegunaan Kapas Bayi untuk Merawat Tubuh si Kecil

Mempersiapkan barang-barang bayi yang akan segera lahir adalah hal menyenangkan bagi ibu dan ayah. Mulai dari perlengkapan baju hingga perawatan kulitnya disiapkan sedemikian rupa. Namun, jangan sampai lupa bahwa Anda juga harus menyiapkan kapas bayi sebagai salah satu keperluannya juga.

Kapas bayi tentunya berbeda dengan kapas kosmetik yang sering Anda gunakan. Kapas bayi ini memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga aman digunakan pada kulit bayi yang masih sensitif.

Kapas bayi sangat lembut sehingga kulitnya terhindar dari iritasi

Bayi yang baru lahir memiliki kulit lima kali lebih tipis bila dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, kulit bayi akan sangat sensitif terhadap gesekan dan mudah menimbulkan iritasi. Maka, penggunaan kapas bayi lebih dianjurkan dibandingkan dengan menggunakan tisu atau kapas lainnya untuk merawat tubuh bayi.

Kegunaan kapas bayi untuk bayi baru lahir

Faktanya, kapas merupakan bahan alami sehingga penggunaannya terhadap bayi yang baru lahir tidak akan memicu timbulnya iritasi dan permasalahan kulit lainnya.

Berikut ini beberapa kegunaan kapas bayi untuk perawatan tubuh si kecil.

  1. Membersihkan kotoran 

Kapas yang berbentuk bulat ini sangat sering digunakan untuk membersihkan bayi setelah buang kotoran, baik buang air besar maupun buang air kecil.

Penggunaannya cukup dengan mencelupkan kapas bayi ke dalam air hangat dan mengusap bagian bokong dan alat kelaminnya secara lembut. Dengan menggunakan kapas bulat ini, akan lebih membantu untuk menjangkau bagian sempit di area kelamin dan anus bayi yang biasanya sulit dibersihkan.

  1. Membersihkan tali pusat 

Tali pusat bayi yang baru lahir sangat rentan untuk menimbulkan infeksi bila tidak dirawat dengan baik. Salah satu perawatannya adalah dengan memastikan tali pusat selalu dalam keadaan bersih, kering dan tidak lembap. Sebab, tali pusat yang lembap akan memicu timbulnya jamur, dan terjadilah infeksi yang bisa membuat tali pusat semakin lama untuk lepas.

Maka dari itu, sehabis mandi jangan lupa untuk membersihkan tali pusat dengan menggunakan kapas bayi yang telah dicelup ke dalam alkohol. Ibu hanya perlu mengusapnya secara perlahan dari bagian pangkal tali pusat hingga ke ujungnya.

Setelah tali pusat kering, bungkus kembali tali pusat dengan kain kasa agar tetap steril.

  1. Membersihkan telinga 

Meskipun tidak kotor, ibu tetap harus membersihkan bagian telinga bayi, khususnya di bagian belakang telinga, karena pada bagian itulah kotoran sering tidak terlihat.

Penggunaan kapas bayi lebih dianjurkan dibandingkan dengan cotton bud untuk membersihkan telinga bayi. Sebab, cotton bud sangat berisiko untuk merusak gendang telinga. Sedangkan menggunakan kapas bayi hanya digunakan pada luar telinga dan tidak akan menjangkau daerah lubang telinganya.

  1. Membersihkan mata 

Kotoran yang menumpuk di mata bayi bisa menyebabkan mata bayi menjadi sulit terbuka. Maka, Anda perlu membersihkannya dengan menggunakan kapas bayi yang telah dicelup sedikit ke air hangat. Lalu, usapkan dengan lembut dari ujung dalam mata hingga ke ujung luar mata.

Tidak dianjurkan untuk membersihkannya langsung dengan jari karena tidak steril, dan juga tidak dianjurkan dengan tisu karena tekstur tisu lebih kasar dibandingkan dengan kapas bulat bayi.

  1. Membersihkan hidung 

Membersihkan hidung bayi juga perlu dilakukan untuk menghilangkan lendir yang keluar dari hidung bayi.

Anda hanya perlu mengusapkannya secara lembut dan perlahan di area luar hidung bayi. Perlu diperhatikan bahwa tidak boleh memasukkan apapun ke dalam hidung bayi, sebab bisa melukai lapisan hidung dan menyebabkan pendarahan.

  1. Membersihkan daerah lipatan tubuh

Pada saat memandikan bayi, seringkali beberapa bagian lipatan tubuh tidak terjangkau oleh air, seperti ketiak, leher, dan juga lipatan kaki. Oleh karena itu, setelah selesai mandi dianjurkan untuk ibu membersihkan bagian tersebut menggunakan kapas bayi agar bagian yang tidak terjangkau tidak menimbun kotoran.

Anda cukup membersihkan bagian tersebut dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air atau baby oil, dan mengusapnya secara perlahan.

Jadi, itulah beberapa kegunaan kapas bulat untuk membersihkan tubuh bayi Anda. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan kapas bayi agar tidak merusak kulit sensitifnya.