bayi & menyusui

Kejang pada Bayi Menjadi Pertanda Terkena Meningitis

Kejang pada Bayi Menjadi Pertanda Terkena Meningitis

Meningitis adalah peradangan pada tiga selaput yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang.

Meskipun meningitis dapat menyerang orang dari segala usia, bayi di bawah 2 tahun memiliki risiko tertinggi terkena meningitis. Bayi Anda bisa terkena meningitis ketika bakteri, virus, atau jamur yang menginfeksi bagian lain dari tubuh mereka mengalir dalam aliran darah ke otak dan sumsum tulang belakang.

Dari 1.000 kelahiran hidup, sekitar 0,1 hingga 0,4 neonatus bayi berusia kurang dari 28 hari mengalami meningitis, perkiraan tinjauan tahun 2017. Ini adalah kondisi yang serius, tetapi 90 persen dari bayi-bayi ini bertahan hidup. Studi yang sama mencatat di mana saja dari 20 hingga 50 persen dari mereka memiliki komplikasi jangka panjang, seperti kesulitan belajar dan masalah penglihatan, serta akan terjadi kejang pada bayi 

Itu selalu jarang terjadi, tetapi penggunaan vaksinasi melawan meningitis bakterial telah secara dramatis mengurangi jumlah bayi yang mengidapnya. 

Gejala meningitis bisa datang dengan sangat cepat. Bayi Anda mungkin sulit untuk dihibur, terutama saat digendong. Gejala lain pada bayi mungkin termasuk:

  • mengalami demam tinggi mendadak
  • tidak makan dengan baik
  • muntah
  • menjadi kurang aktif atau energik dari biasanya
  • sangat mengantuk atau sulit untuk bangun
  • menjadi lebih mudah tersinggung dari biasanya
  • menonjol dari titik lunak di kepala mereka (ubun-ubun)

Gejala lain yang mungkin sulit terlihat pada bayi, seperti:

  • sakit kepala parah
  • leher kaku
  • kepekaan terhadap cahaya terang

Kadang-kadang, bayi mungkin mengalami kejang. Sering kali hal ini disebabkan oleh demam tinggi dan bukan karena meningitis itu sendiri.

Mengapa Terjadi Kejang Terkait Meningitis?

Selama tahap awal meningitis bakteri, kejang pada bayi bisa terjadi akibat pembengkakan dan tekanan di otak, serta racun bakteri dalam cairan yang mengelilingi otak. Saat infeksi meningitis berlanjut, mungkin ada kejang fokal, kejang yang melibatkan satu anggota tubuh atau satu bagian tubuh.

Kejang fokal dan yang berkepanjangan atau datang kemudian dalam penyakit biasanya merupakan indikator hasil yang lebih buruk. Jenis kejang ini lebih sering dikaitkan dengan kematian dan kecacatan.

Meningitis bakteri juga dapat menyebabkan kondisi yang mencegah tubuh mengeluarkan cairan dengan benar, yang dapat menyebabkan penurunan kadar natrium dalam darah.

Diagnosis meningitis pada bayi

Tes dapat memastikan diagnosis meningitis dan menentukan organisme penyebabnya. Tes meliputi:

  • Kultur darah. Darah yang dikeluarkan dari pembuluh darah bayi Anda tersebar di piring khusus tempat bakteri, virus, atau jamur tumbuh dengan baik. Jika ada sesuatu yang tumbuh, itu mungkin penyebab meningitis.
  • Tes darah. Beberapa darah yang dikeluarkan akan dianalisis di laboratorium untuk mengetahui tanda-tanda infeksi.
  • Pungsi lumbal. Tes ini juga disebut spinal tap. Beberapa cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang bayi Anda dikeluarkan dan diuji. Itu juga diletakkan di piring khusus untuk melihat apakah ada yang tumbuh.
  • CT scan. Dokter Anda mungkin mendapatkan CT scan kepala bayi Anda untuk melihat apakah ada kantong infeksi, yang disebut abses.

Pengobatan meningitis pada bayi

Perawatan untuk meningitis tergantung pada penyebabnya. Bayi dengan beberapa jenis meningitis virus menjadi lebih baik tanpa pengobatan apa pun.

Namun, selalu bawa bayi Anda ke dokter sesegera mungkin setiap kali Anda mencurigai adanya meningitis. Anda tidak dapat memastikan apa penyebabnya sampai dokter Anda melakukan beberapa tes karena gejalanya mirip dengan kondisi lain.

Jika diperlukan, pengobatan harus dimulai secepat mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik.

Mencegah meningitis pada bayi

Vaksin dapat mencegah banyak, tetapi tidak semua, jenis meningitis jika diberikan sesuai anjuran CDCT. Tidak ada yang 100 persen efektif, sehingga bayi yang divaksinasi pun bisa terkena meningitis dan kejang pada bayi 

Perhatikan bahwa meskipun ada “vaksin meningitis”, itu untuk satu jenis meningitis bakterial tertentu yang disebut meningitis meningokokus. Biasanya dianjurkan untuk anak-anak yang lebih tua dan remaja di Amerika Serikat. Ini tidak digunakan pada bayi. Sedangkan, di beberapa negara seperti Inggris Raya, bayi sering mendapatkan vaksin meningitis.