Uncategorized

Kenali Dari Gejala dan Jenis Kanker Sarkoma Ewing

Kanker Sarkoma Ewing adalah jenis kanker langka yang terjadi pada tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang.

Sarkoma Ewing paling sering dimulai pada tulang kaki dan panggul, tetapi dapat terjadi pada tulang manapun. Hal itu jarang terjadi dimulai pada jaringan lunak dada, perut, anggota badan lain maupun lokasi lainnya. 

Sarkoma Ewing lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun.

Kemajuan besar dalam pengobatan sarkoma Ewing telah membantu meningkatkan prospek penderita kanker ini. Setelah pengobatan selesai, pemantauan seumur hidup dianjurkan untuk melihat potensi efek akhir dari kemoterapi dan radiasi yang intens.

Gejala

Tanda dan gejala sarkoma Ewing meliputi:

  • Nyeri, bengkak atau nyeri di dekat area yang terkena
  • Sakit tulang
  • Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan
  • Demam tanpa diketahui penyebabnya
  • Menurunkan berat badan tanpa mencoba

Jenis Sarkoma Ewing

Jenis sarkoma Ewing yang mungkin Anda miliki dapat dilihat di tempat tumor terbentuk. Panggul adalah tempat paling sering dimulai, diikuti oleh tulang paha. Dari manapun asalnya, itu bisa menyebar ke berbagai tulang lainnya, seperti sumsum tulang, dan bahkan organ vital seperti paru-paru, jantung, serta ginjal. Beberapa jenis adalah:

  • Tumor tulang: 87% sarkoma Ewing terjadi di tulang, serta sering berada pada tulang paha, panggul, tulang rusuk, maupun tulang belikat. Namun tumor dapat berada pada tulang manapun. 
  • Tumor jaringan lunak (ekstra-osseus): Jenis tumor ini mempengaruhi jaringan lunak di sekitar tulang Anda, seperti tulang rawan atau otot. Jarang didapatkan pada jaringan lunak lengan, kepala, dada, perut, leher, maupun kaki. 

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan sarkoma Ewing, karena tampaknya tidak diturunkan dalam keluarga. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak ada yang terkait dengan paparan radiasi, bahan kimia, maupun dari berbagai hal luar lainnya di lingkungan. 

DNA sel berubah ketika sudah lahir, yang menuju ke sarkoma Ewing. Namun masih belum diketahui mengapa itu terjadi. 

Satu kemungkinan adalah bahwa itu bisa menjadi kanker, kedua pada orang yang telah diobati dengan radiasi untuk jenis kanker lain

Bagaimana sarkoma Ewing didiagnosis?

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala, hubungi dokter. Pada sekitar 25 persen kasus, penyakit ini telah menyebar pada saat diagnosis. Lebih cepat diagnosis dilakukan, mungkin akan lebih efektif dalam pengobatan. 

Untuk mendiagnosis sarkoma Ewing, dokter akan menggunakan kombinasi tes diagnostik berikut.

Tes pencitraan

Tes pencitraan dapat mencakup satu atau lebih hal berikut:

  • Sinar X. Sinar-X memberikan gambar tulang Anda dan dapat mengidentifikasi keberadaan tumor.
  • Pemindaian MRI. Pemindaian MRI mengambil gambar jaringan lunak, organ, otot, dan struktur lainnya. Mereka menunjukkan rincian tumor atau kelainan lainnya.
  • CT-scan. Dokter menggunakan CT scan untuk menggambarkan penampang tulang dan jaringan.
  • Pencitraan EOS. Prosedur ini menunjukkan interaksi sendi dan otot saat Anda berdiri.
  • Pemindai tulang. Seorang dokter mungkin memerintahkan pemindaian tulang seluruh tubuh Anda untuk menunjukkan apakah tumor telah bermetastasis, atau menyebar.
  • Pemindaian PET. Pemindaian PET menunjukkan apakah area abnormal yang terlihat pada pemindaian lain adalah tumor.

Biopsi

Setelah pencitraan, dokter Anda dapat memesan biopsi untuk melihat sepotong tumor di bawah mikroskop untuk mengidentifikasinya.

Jika tumornya kecil, ahli bedah Anda dapat melakukan biopsi eksisi. Dalam prosedur ini, ahli bedah akan mengangkat seluruh tumor saat pasien berada di bawah anestesi umum. Jika tumornya lebih besar, mereka mungkin memotong sebagiannya.

Dokter akan melakukan dengan memasukkan jarum pada tulang untuk dilakukan pengambilan sampel cairan, serta sel agar dapat melihat pakah kanker sudah menyebar pada sumsum tulang Anda. 

Setelah pengangkatan jaringan tumor, ada beberapa tes yang membantu mengidentifikasi kanker sarkoma ewing. Tes darah juga dapat memberikan informasi yang berguna untuk pengobatan.

Perawatan 

Pengobatan sarkoma ewing biasanya dimulai dengan kemoterapi. Pembedahan untuk mengangkat kanker biasanya mengikuti. Perawatan lain, termasuk terapi radiasi, dapat digunakan dalam situasi tertentu.

  • Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat kuat untuk membunuh sel kanker. Pada perawatan ini biasanya digabungkan dua atau lebih obat yang diberikan sebagai infus ke dalam vena, selain itu dalam bentuk pil, maupun kedua metode tersebut. 

Pengobatan untuk sarkoma ewing biasanya dimulai dengan kemoterapi. Obat-obatan dapat mengecilkan tumor dan mempermudah pengangkatan kanker dengan pembedahan atau target dengan terapi radiasi.

Setelah operasi atau terapi radiasi, perawatan kemoterapi dapat dilanjutkan untuk membunuh sel kanker yang mungkin tersisa.

Untuk kanker stadium lanjut yang menyebar ke area lain di tubuh, kemoterapi dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan memperlambat pertumbuhan kanker.

  • Operasi

Tujuan dari operasi adalah untuk mengangkat semua sel kanker. Tetapi merencanakan operasi juga mempertimbangkan bagaimana hal itu akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari Anda.

Pembedahan untuk sarkoma ewing mungkin melibatkan pengangkatan sebagian kecil tulang atau pengangkatan seluruh anggota tubuh. Apakah ahli bedah dapat mengangkat semua kanker tanpa mengangkat seluruh anggota tubuh tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran dan lokasi tumor dan apakah itu menyusut setelah kemoterapi.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi ini memakai sinar dari sinar X dan proton, agar membunuh sel kanker. 

Selama terapi radiasi, sinar energi yang dikirim melalui mesin akan bergerak mengelilingi Anda disaat berbaring di atas meja. Sinar diarahkan dengan hati-hati ke area sarkoma ewing untuk mengurangi risiko kerusakan sel sehat di sekitarnya.

Terapi radiasi mungkin direkomendasikan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Ini juga dapat digunakan sebagai pengganti operasi jika sarkoma ewing terletak di bagian tubuh di mana operasi tidak mungkin dilakukan atau akan mengakibatkan hasil fungsional yang tidak dapat diterima (seperti hilangnya fungsi usus atau kandung kemih).

Untuk kanker sarkoma ewing lanjut, terapi radiasi dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan membantu menghilangkan rasa sakit.