Uncategorized

Ketahui Prosedur EGD di Jogja International Hospital

RS Jogja International Hospital atau JIH merupakan salah satu rumah sakit yang terdapat di Depok, Sleman, Yogyakarta. RS Jogja International Hospital memiliki banyak fasilitas atau layanan salah satunya yaitu EGD atau gastroskopi.

Esophagogastroduodenoscopy (EGD) atau gastroskopi yang merupakan salah satu layanan dari RS Jogja International Hospital ini adalah metode tes yang digunakan untuk memeriksa lapisan yang terdapat pada kerongkongan, lambung, dan duodenum. Pemeriksaan EGD dilakukan dengan cara memasukkan endoskop (kamera kecil yang ada pada tabung) ke tenggorokan dan sepanjang kerongkongan Anda.

Keperluan Prosedur EGD 

Dokter akan merekomendasikan tes EGD jika Anda mengalami gejala tertentu seperti:

  • Muncul sensasi mulas yang parah dan kronis
  • Mengalami muntah darah
  • Kotoran atau feses menjadi hitam atau lembek
  • Perut bagian atas terasa sakit 
  • Mengalami anemia yang tidak dapat dijelaskan
  • Kerap terasa mual atau muntah terus-menerus
  • Berat badan mengalami penurunan dengan penyebab yang tidak jelas 
  • Mudah kenyang walau makan lebih sedikit daripada biasanya 
  • Muncul sensasi seperti ada makanan yang berada di tulang dada
  • Merasa nyeri sehingga kesulitan untuk menelan

Selain itu, tes EGD juga dapat dilakukan untuk memudahkan dokter untuk mengetahui seberapa efektif pengobatan yang dilakukan untuk melacak komplikasi jika Anda memiliki beberapa kondisi seperti:

  • Penyakit Crohn
  • Tukak lambung
  • Sirosis
  • Pembengkakan pembuluh darah yang berlokasi di kerongkongan bagian bawah

Persiapan Tes EGD

Sebelum melakukan tes EGD, biasanya dokter akan memberikan saran kepada ANda untuk menghentikan konsumsi obat seperti aspirin atau bufferin serta obat yang dapat mengencerkan darah, selama beberapa hari sebelum melaksanakan tes EGD. Selain itu, Anda juga diminta untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama 6 hingga 12 jam sebelum tes. Jika Anda menggunakan gigi palsu, biasanya petugas medis akan meminta Anda untuk melepaskannya selama tes EGD dilakukan. Seperti semua tes medis pada umumnya, sebelum menjalani prosedur EGD, biasanya Anda akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan tertentu.

Prosedur Tes EGD

Prosedur EGD biasanya dilakukan di rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan. Prosedur dilakukan dengan menggunakan endoskop. 

Saat dilakukan tes EGD, maka semua hal seperti pernapasan, tekanan darah, detak jantung, dan tingkat oksigen Anda tetap diperiksa. Kabel akan dipasang ke area tertentu di dalam tubuh yang kemudian dapat dibaca menggunakan mesin. Selanjutnya, Anda akan diberi obat yang dapat membuat Anda rileks dan tidak merasakan sakit atau tidak mengingat prosedur yang dilakukan.

Anestesi lokal akan disemprotkan ke dalam mulut agar Anda tidak batuk atau tersedak saat alat endoskop mulai dimasukkan. Pelindung mulut juga digunakan untuk melindungi gigi. Selain itu, gigi palsu yang Anda gunakan juga harus dilepas sebelum prosedur EGD dimulai.

Ketika obat penenang yang diberikan kepada Anda mulai bekerja, maka endoskop akan dimasukkan ke dalam kerongkongan lalu diturunkan ke perut dan bagian atas usus kecil. Udara akan dilewatkan melalui endoskopi sehingga dokter bisa melihat dengan jelas lapisan kerongkongan Anda.

Ketika prosedur pemeriksaan dilakukan, dokter akan mengambil sampel jaringan kecil menggunakan endoskopi. Sampel ini kemudian akan diperiksa menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi apakah ada kelainan yang terjadi pada sel Anda. 

Pada umumnya, prosedur EGD ini aman dan tidak menimbulkan risiko. Akan tetapi, beberapa orang ada juga yang mengalami risiko akibat EGD seperti prosedur tersebut menimbulkan lubang kecil di kerongkongan, lambung, dan usus kecil. Selain itu, jika biopsi dilakukan, maka ada risiko kecil pendarahan berkepanjangan yang terjadi di tempat pengambilan jaringan.

Untuk Anda yang memerlukan tes EGD atau gastroskopi, Anda bisa mengaksesnya di rumah sakit terdekat di kota Anda yang menawarkan layanan serupa, salah satunya yaitu RS Jogja International Hospital (JIH). Anda bisa mengunjungi RS Jogja International Hospital yang berlokasi di Perumnas Condong Catur, tepatnya di Jalan Ring Road Utara No.160, Perumnas Condong Catur, dan di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55283. RS Jogja International Hospital (JIH) ini juga memiliki jam operasional yaitu hari Senin sampai Minggu pukul 00:00 sampai 23:59.