Hidup Sehat

Lakukan Hal Ini Agar Tubuh Cepat Recovery Setelah Sakit

Saat tubuh berangsur-angsur membaik dari sakit, biasanya tubuh tak langsung cepat kembali ke kondisi normal. Kondisi ini sering disebut dengan masa pemulihan (recovery). Saat Anda berada pada masa pemulihan, jangan langsung merasa kuat dan ingin melakukan banyak hal.

Sebab, setelah berhari-hari sakit dan kini membaik, tubuh juga perlu penyesuaian akan hal ini. Ada beberapa yang dapat Anda lakukan agar proses pemulihan berjalan dengan baik sehingga tubuh dapat dengan mudah kembali beraktifitas setelahnya. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Jangan ragu untuk tetap istirahat

Tidak usah langsung memikirkan hal apa yang akan dilakukan setelah sakit. Fokuslah lebih dulu dengan proses pemulihan setelah sakit dengan tetap istirahat. Cukupi kebutuhan tidur setidaknya dengan 7-9 jam per harinya setiap malam, hindari tidur larut, dan tenangkan pikiran.

2. Konsumsi air yang banyak

Cairan tubuh yang hilang akibat sakit yang diderita berhari-hari harus tetap digantikan agar tubuh dalam pelan-pelan segar kembali. Usahakan minum 8 gelas atau dua liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, pemulihan pun dapat berjalan baik.

3. Makanan sehat 

Meski sedang masa pemulihan, bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi makanan sembarangan. Agar tubuh bisa benar-benar pulih dengan cepat. Tahan dulu keinginan dengan tetap mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dalam masa ini. Jauhi makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti gorengan, junk food, serta makanan pedas.

4. Mandi air hangat

Agar badan lebih rileks, coba bersihkan badan menggunakan air hangat saat mandi. Otot-otot yang tegang setelah sakit dipercaya mampu menjadi lebih rileks setelah mandi air hangat.

5. Jika dirasa sudah kuat, lakukan gerakan ringan perlahan

Saat Anda merasa sudah cukup kuat menggerakkan badan, coba pelan-pelan untuk melakukan gerakan ringan secara perlahan di area kamar Anda. Anda bisa mulai dengan peregangan atau stretching secara perlahan.

6. Dukung dengan suplemen

Agar tubuh dapat semakin cepat fit, Anda bisa  konsumsi vitamin yang sesuai agar dapat mempercepat proses recovery setelah sakit. Konsultasikan pada dokter jenis vitamin apa yang bisa Anda makan. Mungkin dokter akan menyarankan vitamin D, C, seng, kalium, polifenol, atau probiotik agar imun tubuh kembali membaik setelah sakit.

7. Hindari stres berlebih

Nyatanya, stres tak pernah menghasilkan dampak positif apapun bagi tubuh. Buang jauh-jauh stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang Anda suka dan senangi. Buat tubuh merasa rileks dan happy agar tubuh dapat semakin cepat mengalami proses recovery setelah sakit

8. Rutin konsumsi susu setiap hari

Susu mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya memperkuat imun tubuh. Untuk mempercepat proses recovery setelah sakit, Anda bisa rutin konsumsi Greenfield UHT 2 kali sehari. Di dalam susu ini terkandung vitamin baik mulai dari protein, kalsium, vit D, B1, B12, vit A, serta magnesium yang sangat bagi kesehatan tubuh terlebih saat pemulihan setelah sakit. Berbagai manfaat susu lainnya:

  • Imun tubuh
  • Tinggi vitamin D yang kemudian dapat menghasilkan hormon serotonin (kesenangan)
  • Menjaga tekanan darah
  • Kesehatan tulang dan otak 
  • Sumber energi

Terus mengimbangi asupan makanan bergizi dengan susu tinggi vitamin dinilai bisa mempercepat proses pemulihan agar Anda bisa kembali beraktifitas sedia kala.