Rumah Sakit & Faskes

Lakukanlah Pemeriksaan Asam Urat di RS Bunda Mulia

Asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi karena adanya penumpukan kristal asam urat dan dapat terjadi pada sendi mana pun. Bagian jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut merupakan bagian tubuh yang sering menjadi sasaran dari asam urat. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan asam urat bisa dilakukan di RS Bunda Mulia Cikarang.

Are ajempol kaki yang mengalami pembengkakan dan menciptakan rasa sakit yang sangat terasa merupakan gejala asam urat yang pertama kali muncul. Asam urat juga bisa terjadi pada bagian persendian yang lain seperti pergelangan kaki dan lutut. 

Pemeriksaan asam urat bisa dilakukan melalui beberapa cara. Berikut ini cara – cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah Anda mengalami asam urat atau tidak.

  1. Tes Darah

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin dalam darh agar tidak lebih dari 7mg/dL. Apabila dari hasil pemeriksaan darah menunjukkan hasil lebih dari itu bisa menjadi peringatan terhadap adanya asam urat.

  1. Tes urine 24 jam

Guna mengetahui kadar asam urat secara akurat, bisa dilakukan dengan memeriksa urine yang Anda keluarkan selama 24 jam terakhir. 

  1. Tes pencitraan

Tes pencitraan yang dilakukan ini memerlukan pemeriksaan radiologi dengan metode foto rontgen dan USG. Melalui pemeriksaan foto rontgen dapat diketahui penyebab radang pada sendi, sedangkan USG dilakuakn guna mendeteksi kristal asam urat yang terdapat di sendi Anda.

Semua orang memiliki risiko yang sama untuk terkena asam urat. Berikut ini beberapa faktor yang bisa memicu seseorang termasuk Anda menderita asam urat.

  1. Makanan dan minuman tinggi purin 

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin menjadi penyebab paling umum dari asam urat. Makanan dan minuman ini akan semakin meningkatkan kadar purin alami yang ada di dalam tubuh sehingga akhirnya menumpuk di persendian. Alkohol, minuman dan makanan yang mengandung pemanis, bayam, asparagus, daging merah, jeroan, makanan laut merupakan beberapa makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin.

  1. Riwayat keluarga mengalami asam urat

Bagi yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat asam urat dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Hal ini karena gen yang diturunkan dari orang tua atau keluarga lainnya membuat ginjal Anda tidak dapat mengeluarkan zat asam urat dengan seharusnya.

  1. Berat badan berlebih atau obesitas

Faktor penyebab lainnya yang bisa menyebabkan Anda terkena asam urat adalah berat badan yang berlebih. Tubuh akan menghasilkan insulin yang lebih banyak bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan tingginya kadar insulin dapat menghambat kinerja ginjal dalam membuang asam urat.

  1. Pernah mengalami cedera atau baru operasi

Bagi Anda yang pernah mengalami cedera pada sendi atau baru menyelesaikan tindakan operasi bisa meningkatkan risiko terkena asam urat. Tetapi hal ini biasanya dikaitkan dengan penyebab terjadinya asam urat yang sudah terbentuk pada persendian sebelum Anda mengalami cedera atau operasi.

  1. Jarang berolahraga

Jika Anda jarang berolahraga dapat menyebabkan banyak penyakit yang menyerang termasuk asam urat. Rajin olahrag dapat membuat jantung Anda memompa aliran darah lebih lancar untuk menyaring asam urat dan juga melatih persendian agar tubuh tidak kaku dan sakit. Selain dapat mencegah terjadi asam urat, rajin olahraga ini juga dapat mengurangi risiko munculnya komplikasi asam urat di masa yang akan datang.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dan meminimalisir risiko terkena asam urat. Jika Anda ingin melakuka pemeriksaan asam urat atau pemeriksaan kesehatan lainnya bisa dilakukan di RS Bunda Mulia. Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk memilih metode apa yang akan digunakan untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh Anda.