Uncategorized

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Wajah Memang Baik, Tetapi Perhatikan Juga Efek Sampingnya

Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pengobatan tradisional. Tidak hanya untuk kesehatan, ternyata ada berbagai manfaat daun sirih merah untuk wajah yang menarik untuk disimak. Anda bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakannya sebagai masker wajah. Meski manfaat daun sirih merah untuk wajah memang baik tetap saja terdapat efek samping dari penggunaannya. 

Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang memiliki bentuk menyerupai jantung, berujung runcing, dan tumbuh berselang seling.  Ketika diraba, daunnya terasa kasar dan ketika disobek daun akan mengeluarkan bau yang sedap aromatis.

Daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif yang melimpah. Namun, yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.  Berdasarkan kandungan tersebut, berikut adalah berbagai manfaat daun sirih untuk wajah.

  1. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat daun sirih untuk wajah dipercaya untuk mengobati jerawat. Terutama, bila Anda menggunakan daun sirih hijau.  Hal ini karena daun sirih sudah terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes. Ketika kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, bakteri ini seperti mendapat nutrisi untuk merusak wajah Anda dengan menumbuhkan jerawat meradang. Manfaat rebusan air daun sirih untuk wajah ini diyakini karena tanaman tersebut mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin, yang diketahui sebagai antibakteri.

  1. Menyembuhkan luka

Sebuah artikel ilmiah yang dimuat dalam laman resmi Universitas Airlangga mengemukakan manfaat daun sirih untuk wajah untuk menyembuhkan luka ringan di wajah, seperti luka gores, akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Manfaat air daun sirih untuk wajah ini bisa didapat melalui penggunaan daun sirih merah.  Daun sirih merah diketahui memiliki kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri, yang bertindak sebagai antibakteri pada kulit.  Saponin berfungsi sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

  1. Mengatasi alergi atau rasa gatal di kulit

Manfaat daun sirih untuk wajah lainnya adalah mengatasi alergi atau rasa gatal di kulit.  Cara menggunakan daun sirih untuk wajah untuk atasi alergi, cukup hancurkan beberapa lembar daun sirih dan ambil ekstrak jusnya. Kemudian, campurkan dengan sedikit bubuk atau parutan kunyit.  Setelahnya, Anda bisa mengoleskan masker daun sirih ini pada area kulit yang mengalami alergi atau terasa gatal.

Cara menggunakan daun sirih merah untuk wajah belum tentu efektif untuk dilakukan oleh semua jenis kulit wajah.  Pasalnya, bagi orang-orang dengan kulit wajah normal atau tidak memiliki masalah wajah yang berarti, sah-sah saja untuk menggunakan daun sirih untuk wajah. 

Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Termasuk bagi orang-orang yang memiliki reaksi alergi.  Jadi, untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker wajah dari bahan alami, sebaiknya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. 

  • Oleskan sedikit air rebusan daun sirih untuk wajah ke area kulit lengan bawah atau belakang telinga.
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka Anda dapat menggunakan masker alami wajah ini dengan aman. 
  • Namun, apabila muncul reaksi alergi, Anda disarankan untuk tidak memperoleh manfaat air rebusan daun sirih untuk wajah.

Nah, meski manfaat daun sirih merah ini sangat baik unutk kesehatan maupun wajah Anda, tetapi tetap saja perlu diperhatikan efek sampingnya. Jika dirasa Anda mengalami iritasi, sebaiknya segera berhenti menggunakannya agar tidak terjadi dampak yang lebih berbahaya dan tidak diinginkan.