Uncategorized

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Siapa yang tidak suka kopi? Sepertinya hampir semua orang di seluruh dunia khususnya Indonesia kini menyukai kopi. Terbukti setiap tahun ada saja kedai kopi baru bermunculan. Beberapa orang meminum kopi di sela-sela waktu kerja namun ada juga yang memilih minum kopi sebelum olahraga. Beberapa orang percaya jika minum kopi sebelum berolahraga bisa meningkatkan kinerja fisik.

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Orang-orang yang memilih untuk konsumsi kopi sebelum berolahraga karena adanya kandungan kafein di dalamnya. Kandungan kafein alami dari kopi dipercaya bisa meningkatkan energi mereka saat berolahraga.

Hal ini didukung dengan sejumlah penelitian yang mengungkapkan jika minum kopi sebelum olahraga bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan Kinerja Fisik

Para peneliti mempelajari bagaimana kinerja fisik seseorang bisa meningkat selama berolahraga hanya karena konsumsi kafein. Dari pengamatan tersebut terungkap jika kafein mampu memengaruhi kekuatan otot, daya tahan dan kemampuan kardiovaskular. Bahkan dari suatu tinjauan sistematis pada 2018 lalu, terungkap jika dosis moderat kafein pra kinerja bisa meningkatkan kinerja atletik perseorangan.

Sedangkan tinjauan sistematis lain melihat bagaimana kafein mampu memengaruhi durasi seseorang saat berolahraga. Para peneliti menemukan jika kafein mungkin sangat berguna untuk dapat meningkatkan kinerja atlet.

Penelitian lain juga menemukan jika kafein mampu meningkatkan kinerja otot. Namun penelitian tersebut tidak mampu menemukan alasan dan berapa banyak dosis kafein yang diperlukan.

Dalam penelitian kecil pada atlet Jujutsu mengungkapkan jika mengonsumsi 3 mg kafein per kilogram berat badan sebelum berolahraga mampu membuat mereka meningkatkan tinggi lompatan vertikal yang mereka lakukan hingga satu dan dua kaki.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sebagian besar alasan orang minum kopi adalah untuk membuat mereka terhindar dari rasa kantuk dan tetap terjaga. Pada penelitian di 2018, melihat adanya pengaruh kafein terhadap kinerja fisik dan kognitif seseorang. Penelitian tersebut juga menunjukkan jika kafein bisa meningkatkan fungsi kognitif yang berhubungan dengan peningkatan kinerja atletik, seperti:

  • Waspada.
  • Konsentrasi
  • Tingkat energi
  • Kelelahan
  1. Meningkatkan Metabolisme

Dalam sebuah studi, menemukan jika mengonsumsi kafein 30 menit sebelum olahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak. Studi tersebut melibatkan 15 pria yang aktif berolahraga dengan mengonsumsi 3 mg kafein per kilogram berat badan, 30 menit sebelum menjalani tes olahraga pada pukul 8 pagi dan 5 sore.

Dari hasil studi tersebut menemukan jika konsumsi kafein 30 menit sebelum olahraga bisa meningkatkan oksidasi lemak selama berolahraga. Namun tingkat pembakaran lemak terjadi lebih tinggi pada sore hari dibandingkan pagi hari.

  1. Mengurangi Nyeri Otot dan Mempercepat Penyembuhan

Beberapa penelitian menunjukkan jika kandungan polifenol yang ada pada kopiĀ  mampu meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, meningkatkan pemulihan dan mengurangi nyeri otot. Bahkan polifenol dosis tinggi mampu mengoptimalkan kinerja dan pemulihan.

Dalam penelitian kecil lainnya, menemukan jika mengonsumsi dua cangkir kopi mampu mengurangi rasa sakit akibat berolahraga dan cedera otot yang tertunda.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Kalau bertanya kapan waktu terbaik untuk minum kopi sebelum olahraga, sebenarnya tergantung dengan tujuan Anda berolahraga. Jika Anda ingin meningkatkan kinerja fisik seperti daya tahan dan kekuatan otot, Anda bisa minum kopi 60 menit sebelum berolahraga.

Sedangkan minum kopi 30 menit sebelum olahraga mampu meningkatkan kinerja isokinetik. Latihan isokinetik termasuk push up dan pull up.

Jika Anda ingin minum kopi sebelum olahraga, jangan lupa perhatikan dosisnya. Jangan sampai Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak karena hal tersebut bisa membuat Anda sakit perut terutama jika Anda minum kopi sebelum makan.