Rumah Sakit & Faskes

Mengenal Metode Test PCR Swab dan Persiapan Sebelum Pemeriksaan

Pemeriksaan yang dianggap paling akurat dalam mendeteksi COVID-19 hingga saat ini adalah Polymerase Chain Reaction atau biasa disebut dengan PCR swab. Test ini bekerja dengan mendeteksi materi genetik atau RNA dari virus corona di dalam tubuh.

Test PCR swab dilakukan dengan menggunakan sampel lendir dari hidung dan tenggorokan yang diambil dengan alat usap. Hidung dan tenggorokan merupakan bagian tubuh yang memiliki cairan dengan tingkat virus paling banyak. Setelah sampel diambil, maka akan ditambahkan zat yang dikenal sebagai DNA polimerase atau reverse transcriptase. Zat tersebut ditambahkan agar membuat banyak salinan RNA virus yang mungkin ada.

Metode Test PCR Swab

Dalam pelaksanaannya, PCR swab dilakukan dengan tiga step, yaitu pengambilan sampel, ekstraksi, dan PCR.

Pengambilan sampel dilakukan dengan mengumpulkan bahan pernapasan yang ditemukan di hidung. Setelah dikumpulkan, swab dimasukkan dalam tabung untuk dikirim ke laboratorium. 

Ketika sampel telah tiba di laboratorium, proses selanjutnya adalah ekstraksi. Pada tahap ini, yang akan dilakukan adalah mengisolasi materi genetik dari sampel, termasuk materi genetik yang virus yang mungkin ada pada sampel.

Tahap PCR dilakukan dengan menggunakan bahan kimia khusus dan mesin PCR atau dikenal juga dengan thermal cycler. Proses ini akan menyebabkan terjadi reaksi yang membuat banyak salinan materi genetik virus SARS-CoV-2. Jika terdeteksi terdapat SARS-CoV-2 pada sampel, maka salah satu bahan kimia akan menghasilkan lampu fluorescent.

Hasil test PCR swab bisa didapatkan satu hari hingga satu minggu sejak sampel diambil, tergantung dari kapasitas laboratorium pengecekan sampel.

Persiapan Sebelum Melakukan Test PCR Swab

Biasanya test PCR dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, perlu diperhatikan beberapa persiapan seperti berikut:

  • Hindari kontak dengan orang lain saat menuju fasilitas kesehatan
  • Menggunakan masker berlapis yang telah direkomendasikan oleh tenaga kesehatan atau pemerintah
  • Hindari menyentuh permukaan benda
  • Untuk menghindari penyebaran, usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi
  • Saat tiba di fasilitas kesehatan, tetap jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Ikuti arahan dari dokter atau tenaga medis yang bertanggung jawab selama pelaksanaan tes hingga selesai

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk keluar rumah, Anda bisa menggunakan layanan test PCR swab home service. Laboratorium yang menyediakan layanan test PCR home service adalah Laboratorium Intibios Mangga Besar. Anda juga bisa mendapatkan hasil yang cukup cepat, yaitu dalam 1 hari sejak test dilakukan.

Upaya Pencegahan Penularan COVID-19

Jika hasil test PCR swab positif, maka Anda harus melakukan isolasi mandiri minimal 14 hari atau sesuai arahan dokter. Jika Anda memiliki gejala berat, maka konsultasikan ke dokter atau kunjungi fasilitas kesehatan khusus penanganan Covid-19 untuk penanganan lebih lanjut.

Apabila Anda mendapatkan hasil negatif, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. Anda tetap harus waspada karena virus ini masih berkeliaran sehingga Anda bisa terinfeksi kapan saja. Beberapa upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang dapat dilakukan, adalah seperti:

  • Selalu menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer yang berbasis alkohol
  • Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah
  • Hindari menyentuh bagian luar masker
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan beristirahat dengan cukup
  • Hindari menyentuh area wajah, terutama bagian mulut, mata, atau hidung
  • Berjemur setiap pagi minimal 15 menit untuk mendapatkan sumber vitamin D
  • Olahraga secara rutin dan teratur

Dengan mengikuti protokol kesehatan dan melakukan test PCR swab dengan cara yang tepat, bisa meminimalisir penularan COVID-19 dan menekan angka penyebarannya.