Uncategorized

Mirip Buah Melon, Ini Manfaat Timun Suri

Manfaat timun suri tidak hanya untuk tajil, tapi juga untuk kesehatan Anda

Timun sering digunakan sebagai bahan lalapan serta makanan pendamping menu utama. Selain timun biasa, ada juga jenis timun lainnya yang disebut timun suri. Sapa seperti timun biasa, ada banyak manfaat timun suri bagi kesehatan ketika dikonsumsi.

Tidak seperti timun pada umumnya, timun suri memiliki bentuk yang menyerupai melon. Tapi, secara karakteristik, timun suri masa sejenis dengan timun biasa dan merupakan golongan keluarga buah kelabu-labuan. 

Manfaat timun suri bagi kesehatan

Timun suri merupakan buah yang bisa memberikan beragam nutrisi. Dari nutrisi-nutrisi tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan ketika mengonsumsi timun suri. Ada beberapa manfaat utama yang bisa dirasakan dari buah ini: 

  • Mengendalikan kadar gula darah

Orang-orang yang mengalami peningkatan kadar gula darah akan mengalami diabetes. Salah satu penyebab kondisi ini adalah durasi kenaikan gula darah yang terlalu cepat. 

Kandungan di dalam buah timun suri bisa mencegah hal ini. Ketika dikonsumsi, buah ini akan membuat pencernaan Anda melakukan proses pencernaan dengan lebih lambat. Ini akan berdampak pada kenaikan gula darah yang juga lambat, sehingga tidak akan membuat Anda mengalami diabetes. 

  • Mencegah dehidrasi

Tubuh manusia sangat memerlukan cairan dalam jumlah besar. Saat kekurangan cairan, Anda akan mengalami dehidrasi.

Salah satu manfaat timun suri adalah pemberi asupan cairan yang membuat tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Karena, sama seperti timun biasa, timun suri juga mengandung kadar cairan yang cukup banyak. 

  • Menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh

Mengonsumsi timun suri bisa mencegah Anda dari risiko kolesterol yang parah. Ini bisa terjadi karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan di dalam timun suri.

Kandungan polifenol ini bekerja dengan memberikan asupan antioksidan, yaitu senyawa yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta menteralkan kadar lemak serta kolesterol. 

  • Bahan perawatan kulit

Selain bagi kesehatan di bagian dalam tubuh, manfaat timun suri juga bisa dirasakan dampaknya di permukaan kulit. Timun suri bisa dipakai sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kulit. 

Buah timun suri pada dasarnya kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C ini sangat baik untuk kulit, membuat sel-sel kulit tetap sehat dan kuat, serta mencegah kulit menjadi kering. Ini akan membuat kulit Anda pun jadi tampak lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. 

  • Bersifat antiinflamasi

Antiinflamasi adalah istilah untuk kandungan atau senyawa yang mampu mengurangi inflamasi atau peradangan. Ini berlaku untuk berbagai jenis peradangan dalam tubuh, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Karena mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, Anda bisa merasakan manfaat timun suri untuk mencegah tubuh dari peradangan secara keseluruhan. Menurut penelitian, peradangan yang tidak dikendalikan dengan baik bisa meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit autoimun, kanker, dan penyakit kardiovaskular. 

  • Menurunkan berat badan

Jika saat ini Anda sedang menjalankan program diet, cobalah untuk memasukkan timun suri sebagai salah satu buah sehat yang dikonsumsi saat diet. Penelitian telah membuktikan bahwa timun suri bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Di dalam timun suri, ada banyak sekali kandungan serat. Serat ini bisa memberikan rasa kenyang yang lebih cepat, sekaligus lebih tahan lama. Jadi, Anda tidak mudah tergoda untuk makan terlalu sering ataupun dalam jumlah besar. Ini tentunya akan berpengaruh terhadap berat badan Anda. Itulah berbagai manfaat timun suri bagi kesehatan Anda. Jika Anda tertarik untuk mulai mencoba timun suri, Anda bisa mendapatkan buah ini secara bebas di toko online maupun offline.