Uncategorized

Nutribaby Royal 2 dan Probiotik, Amankah?

Probiotik sering disebut-sebut dalam formula bayi seperti Nutribaby Royal 2, suplemen, dan produk makanan lain yang dipasarkan untuk bayi. Mungkin Anda penasaran apa itu probiotik dan apakah probiotik aman untuk bayi. Selain itu, apakah probiotik benar-benar bermanfaat untuk anak atau tidak. Probiotik dikenal dengan bakteri yang baik. Bakteri tersebut baik untuk sistem gastrointestinal dan membantu kondisi kesehatan lainnya. Masih belum ada banyak penelitian seputar manfaat probiotik bagi bayi. Beberapa studi menghubungkan penggunaannya dalam membantu kondisi gastrointestinal dan kolik. Oleh sebab itu, selalu konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan formula untuk bayi. 

Kebanyakan studi pada bayi dan probiotik dalam Nutribaby Royal 2 menunjukkan keamanan penggunaannya pada bayi yang sehat. Penting untuk diingat bahwa penelitian yang signifikan pada probiotik dan bayi masih kurang. Anda harus mendiskusikan penggunaan probiotik pada bayi dengan dokter anak. Ini disebabkan karena beberapa formula dapat menyebabkan efek samping, seperti reaksi alergi, nyeri lambung, diare, dan gas serta perut kembung. Selain itu, belum ada dosis rekomendasi resmi untuk bayi, dan BPOM Amerika Serikat (FDA) menganggap bahwa probiotik adalah suplmene, sehingga tidak mendapatkan regulasi layaknya obat atau belum terbukti aman. Bayi membutuhkan perawatan khusus. Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang jenis suplemen apapun sebelum memberikannya pada bayi. Dokter dapat mendiskusikan kebutuhan penggunaan probiotik dan dapat merekomendasikan perawatan lain yang paling cocok untuk kebutuhan anak Anda. 

Apa itu probiotik?

Probiotik mulai mendapatkan kepopulerannya sejak satu dekade silam karena manfaat kesehatan yang diklaim baik untuk tbuh. Studi Wawancara Kesehatan Nasional pada tahun 2012 menyatakan bahwa ada sekitar 4 juta orang dewasa dan 300 ribu anak-anak telah menggunakan probiotik dalam satu bulan sebelum studi dilakukan. Istilah probiotik mewakili banyak strain mikroorganisme hidup yang berbeda, biasanya dalam bentuk bakteri, yang dianggap baik untuk kesehatan tubuh, karena mikroorganisme tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan yang baik. Anda bisa menemukan probiotik dalam bentuk suplemen sekaligus bahan makanan seperti yogurt, produk dairy lain, acar, dan sauerkraut. Beberapa strain utama dalam probiotik di antaranya adalah Bifidobacteria, lactobacillus, dan juga saccharomyces boulardii. Ada kemungkinan besar Anda sudah memiliki bakteri ini di dalam tubuh, namun menambahkan probiotik ke dalam diet atau mengonsumsinya lewat suplemen dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh. 

Probiotik juga dapat membantu bayi karena bayi terlahir dengan sistem gastrointestinal yang steril yang rentan menderita gangguan. Setelah beberapa lama, bayi akan mengembangkan bakteri yang dapat membantunya membangun pembatas di sakuran GI mereka, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, dan mencegah terjadinya infeksi. Bayi juga dapat mengembangkan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala seperti konstipasi, atau nyeri seiring dengan berjalannya waktu, bahkan sebelum mereka secara alami membangun bakteri baik di dalam tubuh. Bayi juga dapat menderita kolik. 

Prebiotik dalam Nutribaby Royal 2 dapat mebantu menambah bakteri baik dalam perut bayi dengan lebih cepat. Bayi bisa mendapatkan bakteri baik lewat ASI ataupun formula seperti Nutribaby Royal 2, untuk kemudian mendapatkannya dari makanan setelah mereka cukup usia. Bakteri yang ada di dalam lambung bayi juga dapat berubah akibat beberapa faktor, seperti metode persalinan, usia gestasi, dan apakah mereka mendapatkan antibiotik atau tidak. Jika Anda tidak yakin apakah bayi membutuhkan prebiotic atau probiotic tambahan, konsultasi dengan dokter anak mengenai hal ini.