Obat

Obat Migrain Alami untuk Cara Mencegah Paling Efektif

Tidak selamanya obat migrain alami bisa berbentuk obat ataupun bahan tradisional. Menjaga kesehatan dan merawat diri sendiri juga sangat penting untuk mengatasi migrain dan juga mencegahnya.

Anda juga bisa mengombinasikan antara obat-obatan dengan perilaku serta gaya hidup yang sehat sebagai cara efektif untuk mencegah dan mengatasi migrain

Obat Migrain Alami untuk Cegah Migrain

Salah satu faktor terbesar yang memengaruhi kerentanan tubuh kita terhadap penyakit adalah gaya hidup. Maka dari itu, mengatur dan mengubahnya menjadi lebih sehat adalah cara terbaik agar hidup bisa terbebas dari penyakit.

Migrain juga bisa disebabkan oleh gaya hidup dan lingkungan. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan migrain untuk selamanya.

1. Hindari lingkungan bising dan terlalu terang

Suara bising, lampu terang dan stimulasi sensori adalah pemicu umum dari migrain. Bagi beberapa orang mungkin sulit untuk menghindari lingkungan ini, namun mengetahui waktu-waktu tertentu dapat membantu.

Misalnya seperti menyetir di malam hari, menonton film di bioskop, datang ke klub atau tempat ramai, atau terpapar sinar matahari langsung. Mengistirahatkan mata dari layar televisi atau komputer serta mengatur tingkat kecerahannya juga bisa membantu.

Jika migrain menyerang, segera hindari lingkungan ini dan temukan ruangan gelap yang tenang. Aplikasikan kompres dingin atau hangat di kepala atau leher untuk merilekskan otot yang tegang. Tidur atau mandi dengan air hangat atau dingin juga bisa jadi obat migrain alami.

2. Tidur cukup

Migrain bisa mengganggu pola tidur, sebab kondisi ini membuat sulit tidur atau membangunkan Anda di tengah malam. Di sisi lain, kurang tidur juga bisa memicu terjadinya migrain. 

Buatlah pola tidur yang sehat dengan cara menyamakan jam bangun dan tidur setiap harinya. Jaga agar tidur siang tidak lebih dari 20-30 menit.

Rilekskan tubuh di malam hari, misalnya dengan mendengarkan musik, berendam di air hangat, atau membaca buku favorit. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman serta berolahraga berat di dekat waktu tidur. 

Kurangi distraksi di kamar tidur, jangan nyalakan televisi atau membawa pekerjaan. Apabila Anda sulit tidur, lakukan aktivitas yang bisa membuat Anda mengantuk. 

3. Atur pola makan sehat

Kebiasaan makan Anda dapat memicu timbulnya migrain. Seperti makanan olahan, keju, cokelat, minuman beralkohol seperti wine. 

Batasi atau sebisa mungkin hindari makanan dan minuman tersebut. Lalu, biasakan memulai pola makan yang sehat, seperti menetapkan jam makan yang konsisten, perbanyak minum air untuk tetap terhidrasi, dan jangan melewatkan makanan atau berpuasa. 

4. Rutin olahraga

Saat kita melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan senyawa kimia yang menghambat sinyal rasa sakit terkirim ke otak sehingga terhindar dari migrain.

Selain itu, obesitas juga diketahui meningkatkan risiko sakit kepala kronis. Dengan berolahraga rutin kita juga bisa menjaga berat badan yang ideal. 

Pilih olahraga yang Anda senangi, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Pilihlah olahraga yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau senam aerobik.

Sebisa mungkin hindari olahraga berat karena bisa memicu migrain. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. 

5. Kelola stres

Stres dan migrain kerap terkait, oleh karena itu mengelola stres dapat menghindari terjadinya migrain. Beberapa cara sederhana untuk mengelola stres yaitu:

  • Mudahkan hidup Anda, tidak perlu mencari-cari cara untuk menumpuk segala aktivitas dalam satu hari.
  • Atur waktu dengan bijak, buatlah to-do list tiap hari, baik di rumah maupun kantor. Luangkan waktu untuk hal-hal yang dikerjakan dan bagi pekerjaan besar dalam waktu berbeda-beda.
  • Beristirahat, penting untuk beristirahat, melakukan peregangan kecil atau berjalan-jalan di sekitar bisa memperbarui energi Anda untuk melakukan pekerjaan.
  • Ubah sikap, tetaplah berpikir dan bersikap positif. Daripada berpikir “Saya tidak bisa melakukannya”, lebih baik Anda berpikir “Hal ini akan berat, tapi saya bisa melakukannya.”
  • Beri waktu untuk diri sendiri, selalu luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda senangi, setidaknya 15 menit tiap hari. Misalnya bermain game atau melanjutkan hobi untuk menangkal stres.
  • Rileks, jangan lupa untuk sesekali merilekskan tubuh. Bisa dengan cara melakukan latihan napas dalam atau jika terjadi migrain bisa mengonsumsi obat migrain alami dari bahan tradisional. 

5. Buat jurnal migrain

Apabila Anda sering mengalami migrain, membuat jurnal migrain sangat penting untuk Anda agar dapat mengidentifikasi pemicu migrain. Catat beberapa hal penting berikut setiap hari:

  • apa yang Anda makan dan minum
  • rutinitas dan jadwal olahraga
  • cuaca
  • perasaan dan emosi kuat yang dialami
  • obat-obatan yang dikonsumsi dan efek sampingnya
  • waktu dan tingkat keparahan sakit kepala

Jangan abaikan bila merasakan gejala migrain. Agar tidak memburuk dan semakin parah, segera atasi dengan obat migrain alami atau yang sudah diresepkan dengan dokter.