Uncategorized

Pembengkakan Hati Berbahaya! Waspadai Penyebabnya

Apakah Anda memiliki gejala kulit yang menguning, rasa lelah yang terus-menerus menjangkit, sampai perut buncit yang terasa kembung sepanjang waktu? Hati-hati sebab berbagai gejala tersebut mengarah ke kondisi pembengkakan hati

Pembengkakan hati tentu bukan suatu masalah kesehatan yang pantas dipandang sepele. Jika tidak segera ditangani, pembengkakan hati bisa memicu berbagai macam komplikasi yang sangat mengancam nyawa Anda. Pasalnya, hati sendiri memiliki sekitar 500 fungsi vital dalam tubuh. Di mana jika pembengkakan terjadi, fungsi-fungsi vital tersebut tidak bisa berjalan lancar. 

Selain mengenali gejala, Anda baiknya juga Anda memahani apa saja penyebab yang bisa memicu kondisi pembengkakan organ vital yang satu ini. Pembengkakan hati bisa berasal dari gejala penyakit lain, namun tidak jarang pula terjadi mandiri karena gaya hidup yang kurang sehat. Berikut ini adalah beberapa penyebab pembengkakan hati yang mesti Anda waspadai. 

Kecanduan Alkohol 

Bukan berarti tiap orang yang mengonsumsi alkohol akan mengalami pembengkakan hati. Namun, jika Anda terbiasa mengonsumsi alkohol lebih dari 2 hari per gelas, bersiaplah untuk menemui kerusakan hati di kemudian hari, yang salah satu kondisi awalnya ditandai dengan organ hati yang mulai membengkak. 

Gemar Makanan Berlemak 

Makanan berlemak kebanyakan memang memiliki rasa lezat yang sulit ditolak. Namun pahamilah, mengonsumsi makanan berlemak akan membuat hati bekerja lebih keras untuk memecah-mecah lemah tersebut menjadi protein dan tidak sampai menimbulkan kolesterol berlebih. Jika dipaksa terus bekerja keras seperti itu, kerusakan dan pembengkakan hati pun bisa menimpa Anda. Ingatlah, makanan berlemak bukan hanya daging, Anda yang doyan mengonsumsi gorengan pun sudah menyantap lemak secara berlebihan. 

Obesitas 

Orang-orang dengan berat badan berlebih kerap memiliki risiko mengalami pembengkakan hati dibandingkan mereka yang memiliki berat tubuh ideal ataupun kurus. Pasalnya pada orang-orang obesitas, penumpukan lemak terjadi banyak dalam tubuh, yang berpengaruh pada kerja hati yang semakin berat. 

Seks Tidak Aman 

Tidak jarang pembengkakan hati timbul dari infeksi virus. Infeksi virus hepatitis yang menjadi asal-muasal berbagai masalah hati ini dapat menular lewat berbagai cara. Hubungan seks yang tidak aman dengan tidak memakai kondom dan bergonta-ganti pasangan membuat Anda akan lebih mudah tertular virus hepatitis yang bakal merusak organ hati Anda. 

Efek Samping Obat 

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa berpengaruh pada kinerja hati yang terlalu berat. Karena alasan inilah, setiap obat yang Anda minum mesti sesuai resep dokter. Tanyakan pula apabila Anda termasuk pengguna obat jangka panjang karena ini meningkatkan risiko Anda mengalami pembengkakan hati. 

Konsumsi Herbal Berlebihan 

Khasiat obat herbal kini semakin banyak dilirik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, pengonsumsiannya jangan sampai tidak wajar dan berlebihan. Tidak jarang pengonsumsian herbal ini pula yang membuat Anda mengalami pembengkakan hati, yang tidak disadari lama dan akhirnya berujung pada kerusakan yang lebih serius.  

Pertumbuhan Sel Kanker 

Hati-hati sebab pembengkakan hati bisa menjadi penanda adanya pertumbuhan sel yang tidak wajar pada tubh Anda. Khususnya apabila ada pertumbuhan sel kanker di area organ hati, pembengkakan hati akan lebih mudah terjadi dan berkembang parah dengan pesat. 

Penyakit Autoimun 

Orang-orang yang memiliki masala autoimun relatif banyak yang menderita pembengkakan hati. Pasalnya, banyak penyakit autoimun yang berpengaruh pada kinerja hati yang menjadi sangat berat karena penyerangan imunitas tubuh yang 70 persen berada di sistem pencernaan sangat berpengaruh pada kinerja organ hati. 

Kelainan Genetik 

Seseorang bisa saja terlihat dengan kondisi hati yang sudah bermasalah, namun belum menimbulkan gangguan yang signigikan ketika baru dilahirkan. Namun seiring pertambahan waktu, masalah tersebut kian membesar. Kondisi seperti ini biasanya timbul pada orang-orang yang lahir dengan kelainan genetik yang menyebabkan penumpukan lemak ataupun protein terlalu menumpuk di dalam tubuh dan memaksa hati untuk “membersikannya”. 

Beberapa penyebab pembengkakan hati memang hampir mustahil dihindari. Namun, lebih banyak penyebab pembengkakan hati yang bisa dijauhi, bukan? Yuk, mulai pola hidup lebih sehat dan teratur agar tidak perlu mengalami masalah di organ vital yang satu ini.