Rumah Sakit & Faskes

Pentingnya Tes Sperma untuk Kesuburan di Prodia Wonosobo

Bagi Anda yang merasakan hal yang tidak beres pada sperma Anda karena tidak kunjung punya anak setelah menikah, Anda bisa memeriksakannya secara mandiri di Prodia Wonosobo yang memang mempunyai layanan tersebut.

Tes sperma ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sperma yang Anda miliki sehingga berpengaruh besar terhadap kehamilan pasangan.

Sperma sendiri memang mempunyai peran yang cukup penting dalam pembuahan. Begitu Anda menyemprotkan sperma ke vagina pasangan Anda, sperma akan langsung berenang menuju sel telur yang selanjutnya pembuahan akan terjadi, dan kemudian membentuk janin dalam perut pasangan Anda yang memperlihatkan pasangan Anda hamil.

Karena begitu pentingnya sebagai faktor utama pemicu kehamilan, sperma pun harus dalam keadaan sempurna, dan tidak boleh ada kelainan. 

Sebab, jika ada kelainan atau tidak sempurna saja, peluang Anda untuk memiliki keturunan sangatlah tipis.

Karena itu, Anda perlu menjaga kualitas sperma dengan konsumsi makanan yang memperbaiki kualitas sperma, olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan kurangi stres.

Berapa jumlah normal sperma?

Sperma dikatakan bagus dan normal jika mempunyai jumlah setidaknya 15 juta per mililiter dalam satu ejakulasi tunggal.

Jumlah sebanyak itu akan memberikan banyak kemungkinan untuk bisa membuahi sel telur dalam rahim.

Selain jumlah, yang perlu diketahui lagi adalah mengenai pergerakan dan ukuran. Anda dikatakan subur jika sperma yang Anda keluarkan minimal 40% bergerak.

Sedangkan dari ukuran, sperma yang baik mempunyai ukuran panjang rata-rata 41 um dan lebar 2,8 um, diameternya 0,6 um, dan panjangnya hampir sama dengan panjang kepala, dan ekor adalah 45 um.

Untuk bentuknya adalah mempunyai kepala permukaan yang halus dan berbentuk oval. Bentuk yang demikian ini tentunya berpotensi besar bahwa Anda subur dalam pembuahan.

Kapan seharusnya tes dilakukan?

Anda bisa melalukan tes ini tidak perlu menunggu Anda merasa mengalami masalah ketidaksuburan.

Anda bisa melakukannya menjelang pernikahan karena tes sperma ini termasuk dalam tes pranikah atau di saat Anda dan pasangan masih berpacaran.

Bagaimana prosedurnya?

Tes sperma ini menggunakan prosedur yang mengharuskan Anda bermasturbasi untuk mengeluarkan sperma saat di Prodia Wonosobo.

Sperma yang sudah dikeluarkan ke sebuah wadah khusus ini nantinya akan ditutup rapat, dan akan diperiksa sampelnya melalui laboratorium.

Berapa lama hasilnya?

Hasil tes sperma ini akan paling cepat keluar 24 jam setelah pemeriksaan dan paling lambat 1 minggu. Apabila lebih dari 1 minggu belum ada kabar, Anda harus segera mengontak pihak lab.

Berapa harganya?

Pihak Prodia sendiri membanderol tes sperma ini di kisaran mulai dari Rp 493.000. Namun harga ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi.

Yang perlu dipersiapkan sebelum tes sperma

Supaya tes sperma yang Anda jalani lancar, Anda perlu melakukan beberapa hal, yaitu pastikan badan dalam kondisi yang segar-bugar dan istirahat yang cukup.

Selain itu, jangan terlibat dalam aktivitas hubungan seksual selama 48 jam, dan makan terlebih dahulu sebelum melakukan tes.

Supaya hasil tes akurat, Anda sebaiknya juga melalukan tes sebanyak 2 kali dengan jarak 7 hari atau lebih dari 3 bulan sebab tes cuma sekali tidak mencerminkan kualitas sperma yang sesungguhnya.

Manfaat yang didapat

Selain mengetahui kondisi sperma, tes sperma ini juga dapat mengetahui kondisi akibat penyakit tertentu yang memengaruhi kualitas sperma. 

Selain itu, tes sperma di Prodia Wonosobo ini juga dapat dijadikan sebagai indikator untuk timgkat kesuburan Anda.