Obat

Penyebab Kulit Kering Serta Cara Ampuh Atasinya

Kulit kering masih jadi salah satu masalah kulit yang banyak dijumpai. Keluhannya berupa permukaan kulit yang kasar, kulit mengelupas, kemerahan, terdapat garis-garis pada bagian kulit, dan pada beberapa kasus kulit kering juga menimbulkan rasa gatal dan bergaris putih ketika digaruk.

Meski kondisi kulit kering bukan ringan bukan masalah serius, memiliki kulit kering tentu sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu penampilan. Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari udara, terlalu lama mandi air hangat, penggunaan sabun yang salah, hingga kondisi medis tertentu. 

Udara

Semakin dingin udara, kulit juga akan semakin mudah untuk menjadi kering. Hal ini disebabkan oleh suhu yang menurun serta udara yang berkurang tingkat kelembapannya. Tak hanya udara yang disebabkan oleh cuaca, penggunaan air conditioner (AC) pun juga dapat membuat kualitas udara menjadi kurang baik tingkat kelembapannya sehingga mampu menyebabkan terjadinya kulit kering. 

Mandi air hangat terlalu lama

Meski mandi air hangat memiliki manfaat bagi kesehatan, nyatanya jika terlalu sering melakukannya hal ini menyebabkan kekeringan pada kulit. Saat kulit terlalu lama berada di bawah pancuran air hangat, kelembaban alami kulit akan berkurang dan hal inilah yang mampu mengakibatkan kulit menjadi kering setelahnya.

Penggunaan sabun

Menggunakan sabun dengan kandungan detergen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit mudah kering. Kandungan sabun dengan tinggi detergen yang digunakan didalam sabun untuk membersihkan badan hanya akan membuat kelembaban alami kulit hilang. Kemudian, sabun yang mengandung wewangian terlalu keras pun mampu menimbulkan iritasi hingga menyebabkan kulit menjadi kering. Itulah sebabnya pemilihan sabun sangat penting untuk meminimalisir kulit kering dapat terjadi.

Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi kulit memang bagus dilakukan karena dapat membersihkan sekaligus mengangkat sel kulit mati pada kulit. Tapi saat hal ini terlalu sering dilakukan, kulit akan mudah mengalami iritasi serta menyebabkan kekeringan. 

Genetik seseorang 

Meski tak semua masalah kulit kering disebabkan oleh faktor genetik, nyatanya pada beberapa kasus hal ini merupakan salah satu penyebab kulit kering. Saat ibu atau ayah memiliki penyakit kulit kering, tak menutup kemungkinan sang anak akan akan mewarisinya. 

Usia 

Semakin bertambah usia seseorang, hormon yang diproduksi tubuh akan semakin berkurang. Hormon yang semakin berkurang ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit mulai dari kulit yang mulai memunculkan garis tanda penuaan, kulit yang kurang elastis, hingga kulit yang lebih mudah kering.

Kondisi medis tertentu

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu contohnya eczema (eksim), ichthyosis, dan psoriasis. Ada banyak gejala yang dapat timbul saat kulit terkena beberapa penyakit tersebut. Salah satunya adalah kulit menjadi lebih tebal dan kering hingga bersisik. 

Bagaimana cara ampuh atasi kulit kering agar bisa segera dihilangkan?

Gunakan pelembab udara

Saat kuling kering disebabkan oleh ruangan dengan kadar kelembaban buruk, Anda dapat meletakkan pelembab udara didalam ruangan. Pelembab udara mampu mengembalikan kadar kelembaban yang kurang sehingga kelembapan dapat kembali normal. 

Batasi mandi air hangat

Bila tak mendesak atau sangat perlu dilakukan, sebaiknya hindari mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat terlalu lama hanya akan membuat keadaan kulit lembab menjadi kering dan kulit kering menjadi tambah kering. 

Gunakan sabun yang ringan

Perhatikan kandungan sabun saat hendak membelinya. Usahakan gunakan sabun dengan kandungan detergen yang rendah dan tidak menggunakan wewangian yang keras. Sebab, penggunaan sabun yang mengandung banyak detergen hanya akan memperparah kulit kering. 

Gunakan produk yang melembabkan secara rutin

Menggunakan pelembab dengan rutin dinilai sangat baik untuk mengurangi masalah kekeringan yang terjadi pada kulit. Anda dapat menyesuaikan pelembab yang digunakan dengan jenis kulit. Selain dapat mengurangi kekeringan yang terjadi, menggunakan pelembab akan menghidrasi kulit sehingga tampilan kulit jadi lebih baik.

Salah satu produk pelembab kulit kering yang dapat Anda gunakan adalah Bio oil harga terjangkau. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan baik purcellin oil, vitamin A, vitamin E, calendula serta rosemary yang sangat baik untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. 

Tak hanya itu, ia juga mampu memudarkan bekas luka, mengurangi kerutan, menghaluskan dan mengencangkan, serta mempertahankan kelembaban kulit. Caranya, cukup oleskan bio oil pada kulit yang mengalami kekeringan. Oleskan 2-3x sehari atau sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan bio oil setidaknya 3 bulan dengan penggunaan setiap hari. 

Jangan terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi memang bermanfaat bagi kulit, namun terlalu sering melakukannya hanya akan menyebabkan kulit menjadi kering. Idealnya, cukup lakukan eksfoliasi 2x dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh.

Banyak minum air

Sudah bukan hal baru lagi jika saat tubuh kekurangan air, kulit tubuh pun akan semakin mudah mengalami kekeringan. Setidaknya Anda harus minum dua liter air atau setara dengan 8-9 gelas air setiap harinya agar tubuh tetap terjaga kadar airnya sehingga mampu terhindar dari masalah kulit kering.