Uncategorized

Perbedaan Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Perbedaan ciri-ciri hamil anak laki laki dan perempuan. Kehamilan jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu nan membahagiakan bagi pasangan rumah tangga.

Dalam momen kebahagiaan tersebut, terbesit pertanyaan mengenai jenis kelamin sang calon anak. apakah dia laki-laki atau perempuan.

Anda bisa mencari tahu apa jenis kelamin calon bayi dengan menggunakan USG. Tapi, jika Anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi saat melahirkan, Anda bisa memperhatikan gejala-gejala yang ada untuk memperkirakan jenis kelamin buah hati.

Jadi, ini perbedaan ciri-ciri hamil anak laki-laki dan perempuan.

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Berikut adalah beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa anak Anda berjenis kelamin laki-laki.

1. Mengalami Sakit Kepala dan Jarang Mengalami Mual

Pada gejala kehamilan, biasanya yang hamil laki-laki cenderung jarang mengalami mual. Kalau terjadi, biasanya hanya pada pagi hari. 

Ketimbang mual, Anda akan sering mengalami sakit kepala. Hal ini disebabkan hormon testosteron yang naik.

2. Kulit Jadi Lebih Sehat dan Lembab

Kehamilan anak laki-laki mempengaruhi kondisi tubuh karena perubahan hormon. Salah satunya adalah perubahan pada kulit yang membuatnya jadi terasa lebih sehat dan lembab.

Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk menggunakan pelembab dan banyak minum air putih.

3. Perubahan Pada Rambut

Perubahan tubuh lain yang dianggap sebagai gejala kehamilan anak laki-laki terjadi pada rambut. Pertumbuhan rambut pada si ibu akan jadi cenderung lebih cepat dan lembab, khususnya sewaktu trimester kedua.

Selain itu, rambut Anda juga akan jadi tampak lebih sehat dan berkilau. Perubahan-perubahan pada rambut ini memang menjadi ciri kehamilan anak laki-laki.

4. Bentuk Perut Condong ke Atas

Ciri kehamilan anak laki-laki bisa dilihat dari bentuk perut sang ibu. Ketika hamil anak laki-laki, bentuk perut akan cenderung lebih condong ke atas, sementara tubuh bagian bawah cenderung melebar.

5. Pergerakan Janin yang Teratur

Gerakan janin bisa menjadi tanda jenis kelamin bayi. Untuk bayi laki-laki, janin bergerak secara teratur sesuai ritme. Misalnya, adanya gerakan seperti menendang pelan setiap malam hari atau menendang keras pada siang hari.

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Berikut adalah beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa anak Anda berjenis kelamin perempuan.

1. Morning Sickness yang Buruk

Pada gejala kehamilan, mengalami morning sickness yang buruk adalah ciri-ciri kehamilan anak perempuan. 

Morning sickness adalah gejala kehamilan yang berupa mual dan muntah.Kondisi ini disebabkan oleh naiknya kadar hormon estrogen yang ada di tubuh.

2. Kulit Bermasalah

Ciri kehamilan anak perempuan juga dapat terlihat pada perubahan kondisi tubuh, salah satunya kulit. Saat hamil anak perempuan, kulit menjadi pecah-pecah, berjerawat, hingga berminyak.

Anda boleh menggunakan produk perawatan kulit untuk mengatasi hal ini. Namun, pilih produk yang aman bagi ibu hamil. Atau, apabila ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

3. Perubahan pada Payudara

Perubahan tubuh lain ketika hamil anak perempuan adalah perubahan payudara. Anda akan merasakan ukuran payudara yang membesar, atau ukuran yang berbeda satu sama lain.

4. Bentuk Perut Bulat Sempurna

Saat hamil bayi perempuan, bentuk perut seolah tampak bulat sempurna. Maksudnya, perut tampak menonjol lebih lebar ke sisi kiri dan kanan.

Selain itu, posisi kehamilan juga tampak turun. Sehingga, hanin terlihat seolah berada di perut bagian bawah.

5. Gerakan Janin yang Tidak Beraturan

Gerakan bayi perempuan memiliki kecenderungan yang tidak beraturan dan tidak bisa diprediksi. Kadang bayi menendang dengan keras, perlahan, atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

Nah, itu tadi perbedaan ciri-ciri hamil anak laki-laki dan perempuan. Meski begitu, ciri-ciri tersebut tidak bisa dijadikan patokan sepenuhnya untuk menyimpulkan apakah bayi berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Untuk mengetahui jenis kelamin yang lebih akurat, Anda bisa melakukan tes USG.