Penyakit

Pilihan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Memilih makanan untuk penderita diabetes bukan suatu hal yang sulit. Sederhananya, tujuan utama Anda adalah untuk mengatur level gula darah dalam tubuh. Sangat penting pula untuk hanya mengonsumsi makanan yang dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Diet yang Anda miliki memiliki peran besar dalam mencegah dan mengatasi diabetes. Adapun beberapa makanan untuk penderita diabetes di antaranya adalah sebagai berikut.

Jenis minuman protein yang menyehatkan

Ikan berlemak

Makanan untuk penderita diabetes yang pertama adalah ikan berlemak. Ikan salmon, ikan sarden, ikan herring, ikan mackerel, dan ikan teri mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang baik. Asam lemak tersebut memiliki manfaat penting dalam kesehatan jantung. Mendapatkan cukup asupan lemak tersebut secara teratur khususnya sangat penting bagi orang-orang yang menderita diabetes, yang mana memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. 

DHA dan EPA akan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi penanda peradangan, dan membantu meningkatkan bagaimana arteri Anda berfungsi. Penelitian mengindikasikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah dalam menderita sindrom koroner akut, seperti serangan jantung, dan kurang berisiko meninggal akibat penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan berlemak juga dapat membantu mengatur gula darah. Sebuah studi yang melibatkan penderita obesitas menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi ikan berlemak memiliki peningkatan signifikan dalam level gula darah pasca-makanan dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi ikan tanpa lemak. Ikan merupakan sumber protein dengan kualitas yang sangat tinggi. Konsumsi ikan dapat  membantu Anda merasa lebih kenyang dan membantu menstabilkan level gula darah. 

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bernutrisi dan rendah kandungan kalori. Sayuran juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna, atau karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh. Hal ini membuat sayuran tidak akan memengaruhi level gula darah secara signifikan. Bayam, kale, dan sayuran daun hijau lainnya merupakan sumber banyak vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin C. Beberapa bukti menyatakan bahwa orang-orang yang menderita diabetes memiliki level vitamin C yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki penyakit ini. Hal ini membuat penderita diabetes membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat dan bersifat sebagai anti-peradangan. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu penderita diabetes memenuhi level vitamin C serum dan juga mengurangi peradangan dan kerusakan sel. 

Alpukat

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah alpukat. Alpukat hanya memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, tinggi kandungan serat, dan memiliki lemak yang sehat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir alpukat akan meningkatkan level gula darah Anda. Konsumsi alpukat juga dihubungkan dengan meningkatnya kualitas diet keseluruhan dan menurunkan berat badan dan indeks masa tubuh (BMI) secara signifikan. Hal ini membuat alpukat camilan yang ideal bagi orang-orang yang menderita diabetes, terutama mengingat obesitas dapat meningkatkan kemungkinan menderita diabetes. Alpukat juga dapat memiliki sifat yang spesifik dalam pencegahan diabetes. 

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes di atas, Anda juga perlu tahu makanan jenis apa saja yang perlu dihindari. Pada intinya, Anda harus menghindari makanan yang tinggi kandungan karbohidrat maupun gula. Gandum olahan, minuman berpemanis tambahan, makanan gorengan, alkohol, permen, daging olahan, dan jus buah yang tinggi kandungan gula harus dihindari. Konsumsi makanan yang tepat dapat mengatur diabetes yang diderita.