Obat

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Haid dari Bahan-Bahan Alami

Setiap bulannya, wanita pasti dibuat uring-uringan karena nyeri saat haid. Terkadang, nyeri yang dialami juga disertai dengan gejala seperti mual, muntah, hingga pingsan. 

https://toko.sehatq.com/kategori/obat-nyeri-haidUntuk meredakan rasa sakit tersebut, kamu bisa loh mengonsumsi obat pereda nyeri haid dari bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. 

Selain mengonsumsi obat, kamu juga sebaiknya rutin melakukan olahraga sehingga saat menstruasi datang, nyeri yang kamu alami tidak terlalu parah dan aktivitas jadi tidak terganggu.

Berikut ini beberapa rekomendasi obat pereda nyeri haid yang bisa kamu buat dari bahan-bahan alami. 

Jahe

Untuk mengatasi kram dan nyeri saat haid, kamu bisa menyeduh jahe dengan air hangat. Minuman jahe hangat ini berkhasiat menurunkan produksi prostaglandin, yakni enzim yang menyebabkan nyeri.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, mengonsumsi kapsul jahe dengan dosis 250 mg sebanyak 4 kali sehari sejak awal haid bisa meredakan rasa nyeri dan kram saat haid. 

Studi lain, yang diterbitkan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2012 menemukan jika seseorang yang mengonsumsi bubuk akar jahe sebelum jadwal haid dan tiga hari pertama saat haid bisa meredakan rasa nyeri. 

Ramuan herbal Cina

Berdasarkan laporan pada tahun 2008 yang dilakukan oleh para ilmuwan dengan 3.475 wanita, menunjukan jika ramuan herbal Cina lebih efektif meredakan kram dan nyeri saat haid dibandingkan dengan obat nyeri lainnya yang dijual bebas.

Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Journal of Ethnopharmacology, ramuan herbal yang terkenal efektif mengatasi nyeri haid adalah Dang Gui Shao-Yao San dengan kandungan Angelica sinensis dan bubuk peony. Ramuan ini diyakini memiliki senyawa penenang dan anti-inflamasi.

Adas

Adas merupakan tanaman obat yang memiliki tekstur seperti seledri. Adas mengandung anethole yang bisa membantu meredakan kram dan nyeri haid pada beberapa wanita.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research pada tahun 2015, meneliti efek ekstrak adas dan juga vitagnus untuk mengatasi nyeri haid. 

Hasilnya, 105 orang wanita dengan gejala nyeri haid ringan hingga sedang yang mengonsumsi ekstrak adas mengalami efek yang cukup besar, yakni rasa nyeri bisa berkurang. Namun, setelah ditinjau ulang oleh Cochrane, penelitian ini harus diperbarui karena buktinya masih harus dikaji lagi. 

Pycnogenol

Pycnogenol adalah ekstrak kulit kayu pinus maritim Prancis yang dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan kram saat haid. 

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan, jika wanita yang mengonsumsi pycnogenol selama tiga bulan rasa nyerinya berkurang saat haid. 

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang efektif mengatasi rasa sakit atau kram saat haid. Hal ini karena kerja kurkumin mampu menurunkan produksi prostaglandin yang menyebabkan munculnya rasa nyeri. 

Pada sebuah studi yang dilakukan tahun 2015 menunjukkan sebanyak 70 wanita yang mengonsumsi kurkumin 7 hari sebelum haid dan 3 hari setelah haid memiliki kondisi yang lebih baik dan rasa nyeri berkurang. 

Namun, sebaiknya konsumsi kunyit sewajarnya saja. Jika berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti maag. 

Konsumsi makanan bergizi

Untuk mengatasi rasa nyeri, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein, seperti berikut ini:

  • Pepaya, memiliki banyak kandungan vitamin
  • Nasi merah, memiliki kandungan vitamin B6
  • Kacang kenari, almond, dan biji labu, kaya akan kandungan mangan yang efektif meredakan kram
  • Minyak zaitun dan brokoli, banyak kandungan vitamin E
  • Ayam, ikan, dan sayuran hijau yang mengandung zat besi
  • Biji rami yang memiliki kandungan omega-3 dengan sifat antioksidan yang bisa mengurangi peradangan

Ketika haid datang, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini:

  • Minuman soda
  • Kafein
  • Alkohol 
  • Makanan gurih dan asin
  • Makanan yang berlemak

Beberapa jenis makanan di atas bisa menyebabkan rasa nyeri saat haid. Sebaiknya ganti dengan makanan atau minuman yang menenangkan seperti jahe dan juga mint.