Rumah Sakit & Faskes

Sama-sama Rapid, Apa Itu Rapid Antigen dan Antibodi?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tes rapid antigen dan antibodi. Kedua tes ini sering dijadikan sebagai pemeriksaan awal Covid-19. Namun, tak sedikit pula orang yang masih bingung dengan apa itu rapid antigen dan antibodi. Sama-sama rapid test, apakah keduanya sama?

Untuk menjawab kebingungan Anda, artikel ini akan membahas mengenai apa itu rapid antigen dan antibodi serta bahaya melakukan kedua tes ini sendirian di rumah tanpa tenaga kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Rapid Antigen dan Antibodi?

Memiliki nama yang mirip membuat banyak orang bingung membedakan kedua jenis tes Covid-19 ini. Meski demikian, rapid antigen dan antibodi adalah jenis tes yang berbeda. Baik dari segi kegunaan, prosedur pemeriksaan, hingga harga tes.

  1. Kegunaan

Rapid antigen atau swab antigen adalah salah satu tes Covid-19 yang digunakan untuk mendeteksi protein virus SARS-CoV-2, yaitu virus yang menyebabkan seseorang terinfeksi Covid-19 melalui pengambilan sampel di hidung atau tenggorokan. Sedangkan, rapid test antibodi adalah tes Covid-19 yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan antibodi yang berfungsi melawan dan memusnahkan virus SARS-CoV-2 ini melalui pengambilan sampel darah orang yang diduga sudah terinfeksi Covid-19.

Bagaimana proses terbentuknya antibodi ini? Antibodi ini terbentuk ketika antigen yang bisa berupa virus dan bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia. Sistem imun akan mengenalinya sebagai zat berbahaya dan harus dimusnahkan sehingga sistem imun akan membentuk antibodi untuk memusnahkan antigen tersebut. Antibodi inilah yang terbaca di alat rapid test. 

Meskipun yang dideteksi berbeda, namun kedua tes ini hanya bisa digunakan untuk pemeriksaan awal saja dan bukan untuk mendiagnosis Covid-19. Namun, Anda lebih disarankan untuk melakukan rapid antigen sebagai pemeriksaan awal karena memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan rapid antibodi. 

  1. Prosedur Pemeriksaan

Setelah Anda mengetahui apa itu rapid antigen dan antibodi, ada baiknya Anda juga memahami bagaimana prosedur pemeriksaan keduanya. Adapun prosedur pemeriksaan rapid test antibodi adalah sebagai berikut. 

  • Ujung jari orang yang akan menjalani rapid test antibodi dibersihkan dengan menggunakan alkohol untuk menghindari terjadi infeksi saat penusukan.
  • Tusuk ujung jari untuk mengeluarkan sampel darah.
  • Teteskan sampel darah ke alat rapid test
  • Teteskan cairan khusus yang dapat mendeteksi antibodi ke alat rapid test yang sebelumnya sudah ditetesi sampel darah orang yang menjalani rapid test antibodi.
  • Hasil akan keluar kurang lebih 15 – 20 menit.

Sementara rapid antigen prosedur pemeriksaannya terdiri dari :

  • Tenaga medis akan meminta orang yang akan menjalani rapid antigen untuk membersihkan hidung dari kotoran, seperti ingus. 
  • Orang tersebut akan diminta mendongakkan kepalanya agar mempermudah pengambilan sampel apabila dilakukan lewat hidung. Atau membuka mulut lebar-lebar apabila pengambilan sampel dilakukan lewat tenggorokan.
  • Alat yang menyerupai cotton bud akan dimasukkan secara perlahan, lalu diputar sebanyak 15 kali untuk memastikan lendir menempel di bagian ujung alat tersebut.
  • Setelah diperoleh sampel tersebut dimasukkan ke dalam tabung khusus berisi diluen dan diputar sebanyak 5 – 10 kali. Kemudian, bagian ujung alat yang mirip cotton bud tadi diperas dan ditutup rapat. 
  • Cairan dalam tabung diteteskan ke dalam alat rapid test dan akan dalam 15 – 20 menit. 
  1. Harga Tes

Setelah mengetahui apa itu rapid antigen dan antibodi serta prosedur pemeriksaannya, berikut perbedaan harga keduanya.

Rapid test antibodi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan rapid antigen dan swab PCR, yakni Rp150.000 saja. Sementara, harga rapid antigen Rp250.000 untuk Pulau Jawa dan Rp275.000 untuk Luar Pulau Jawa. 

Itulah perbedaan rapid antigen dan antibodi. Bagaimana? Apakah Anda masih bingung apa itu rapid antigen? Intinya, kedua tes ini memiliki kegunaan, prosedur pemeriksaan, dan harga yang berbeda.