Penyakit

Sebelum Tanya Dokter Bedah, Pahami Cakupan Spesialisasinya

Seorang dokter bedah memberikan layanan untuk mengevaluasi dan mengobati suatu kondisi yang memerlukan pembedahan. Jika Anda perlu menjalani operasi untuk pengobatan, Anda bisa tanya dokter bedah mengenai apa yang perlu dipersiapkan. 

Terkadang, operasi atau pembedahan tidak hanya dilakukan untuk mengobati penyakit. Metode ini juga bisa dilakukan sekedar untuk melakukan diagnosa saja, untuk beberapa kondisi tertentu. 

Cakupan layanan dokter bedah

Pada dasarnya, terdapat dua jenis operasi yang paling utama. Pertama adalah operasi terbuka, yaitu operasi yang memerlukan sayatan pada kulit, untuk melihat bagian dalam tubuh.

Sementara, yang kedua adalah operasi invasif minimal, yaitu operasi dengan pembedahan yang cukup kecil, menjadi titik masuk alat medis untuk memperbaiki jaringan atau mengambil sampel. 

Kedua teknik ini sama-sama bisa dilakukan oleh seorang dokter bedah. Beberapa kondisi mungkin akan lebih baik diobati dengan operasi terbuka, sementara beberapa kondisi lainnya lebih cocok dengan operasi invasif minimal. 

Anda bisa tanya dokter bedah mengenai metode operasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kondisi Anda. 

Macam-macam spesialisasi dokter bedah

Dokter bedah juga memiliki sub-spesialisasi. Biasanya, sub-spesialisasi yang paling umum ditemukan adalah: 

  • Bedah umum

Sesuai namanya, dokter bedah umum melayani pembedahan yang paling umum, yaitu operasi untuk berbagai macam kondisi yang mempengaruhi hampir semua bagian tubuh Anda. 

  • Bedah saraf

Dokter bedah saraf secara khusus melayani pembedahan untuk menangani gangguan pada saraf. Biasanya, gangguan saraf akan berhubungan dengan fungsi otak dan sistem saraf secara keseluruhan. 

  • Bedah mata

Anda bisa tanya dokter bedah mata mengenai masalah pada organ mata dan kemampuan penglihatan Anda. Tindakan yang dilakukan oleh dokter bedah mata spesifik ditujukan pada organ mata. 

  • Bedah kolon dan rektal

Spesialisasi ini adalah spesialisasi bedah usus besar dan rektal. Anda akan bertemu dengan spesialis ini jika mengalami masalah apapun pada gangguan usus dan rektal yang memerlukan pembedahan. 

  • Bedah obstetri dan ginekologi

Bedah obstetri dan ginekologi adalah spesialisasi yang melayani kelahiran, masa kehamilan, sampai dengan perawatan bayi setelah dilahirkan. Selain itu, spesialisasi ini juga menangani masalah pada sistem reproduksi wanita. 

Sebenarnya, masih ada banyak sub-spesialisasi lainnya pada dokter bedah. Sesuai dengan kondisi Anda, Anda akan mendapatkan pertolongan dari spesialisasi yang berbeda-beda.

Tanya dokter bedah mengenai prosedur operasi

Prosedur operasi yang akan dijalani oleh setiap pasien mungkin berbeda. Semua tergantung pada jenis operasi yang dilakukan serta area tubuh yang melalui pembedahan. 

Anda bisa tanya dokter bedah mengenai prosedur seperti apa yang akan Anda lalui ketika operasi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan.

Berikut ini hal-hal yang umumnya terjadi pada saat operasi berlangsung:

  • Pemasangan tabung oksigen untuk bernapas
  • Pemberian obat bius agar pasien tidak merasa sakit selama operasi
  • Mengukur level oksigen dalam tubuh pasien dengan alat klip khusus di jari
  • Memantau detak jantuk dengan memasang bantalan di dada
  • Memeriksa tekanan darah sepanjang operasi dengan memasang manset di lengan

Biasanya, operasi dilakukan hanya jika metode pengobatan lain tidak bisa efektif menyembuhkan pasien. Operasi memiliki risiko komplikasi, sehingga pelaksanaannya perlu dilakukan dengan banyak pertimbangan. 

Anda bisa tanya dokter bedah Anda mengenai kemungkinan komplikasi setelah operasi, serta upaya pencegahan apa yang perlu Anda lakukan. Setelah operasi selesai, Anda tetap perlu terus berada di bawah pengawasan dokter sampai benar-benar pulih.