Obat

Strocain Tablet, Obat Asam Lambung Yang Serba Bisa

Asam lambung adalah salah satu penyakit pencernaan yang kasusnya sangat sering ditemui. Penyakit asam lambung atau yang biasa disebut gastroesophageal reflux disease (gerd) ini umumnya terjadi akibat melemahnya otot bagian bawah kerongkongan. Gejala yang dirasakan penderita asam lambung dapat berupa rasa terbakar pada bagian dada (heartburn), gangguan pencernaan, mual muntah, perasaan tidak nyaman pada perut, hingga sering bersendawa. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mendukung terjadinya gejala asam lambung:

  1. Makan dalam jumlah banyak dengan tergesa-gesa
  2. Obesitas
  3. Sering makan menjelang tidur
  4. Memakan makanan tertentu seperti makanan manis, asam, pedas, serta makanan tinggi lemak seperti (junkfood)
  5. Mengkonsumsi minuman tertentu (alkohol, soda, kopi, teh)
  6. Kondisi kehamilan
  7. Stress
  8. Kebiasaan merokok

Lalu bagaimana cara pengobatan penyakit asam lambung?

Asam lambung dapat diobati dengan berbagai cara yang dapat disesuaikan pada tingkat keparahan penyakit. Pada gejala ringan umumnya asam lambung dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat sambil terus mengubah gaya hidup. Namun pada kasus yang parah, asam lambung harus mendapat perawatan khusus dan bahkan ada juga yang harus melakukan pembedahan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan asam lambung pada kasus ringan:

  1. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala asam lambung yang terjadi adalah menghindari makan dengan porsi banyak dalam waktu yang sedikit karena akan memicu naiknya asam lambung. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit namun sering. Hal ini akan jauh lebih baik bagi lambung serta sistem pencernaan.

  1. Gunakan obat dengan manfaat mengurangi asam lambung

Penggunaan obat dengan manfaat mengurangi gejala asam lambung adalah salah satu cara cepat yang dapat dilakuan untuk mengurangi rasa tak nyaman yang timbul. Salah satu obat asam lambung yang dapat Anda coba adalah strocain tablet. Didalam strocain tablet terdapat kandungan zat aktif polymigel sebanyak 400 mg yang mampu mengatasi berbagai gejala asam lambung berupa:

  • Nyeri dan rasa perih pada lambung
  • Heartburn
  • Mual muntah
  • Tennesmus (rasa ingin buang air besar yang hilang timbul)
  • Keram perut
  • Gastritis akut

Obat ini dapat Anda minum 3-4 kali sehari dengan dosis 1-2 tablet, dengan waktu 15 menit hingga 1 jam sebelum makan.

  1. Hindari makan banyak menjelang tidur

Kebiasaan makan malam dengan porsi berat menjelang tidur juga dapat membuat penyakit asam lambung lebih mudah muncul. Saat hendak tidur, sebaiknya Anda hentikan seluruh kegiatan mengkonsumsi makanan berat agar lambung tidak bekerja terlalu berat.

  1. Diet sehat

Diet sehat bukan berarti harus memberhentikan seluruh asupan yang masuk pada tubuh. Anda hanya diminta untuk menghentikan konsumsi makanan manis dengan tinggi kandungan gula, makanan yang mengandung lemak yang jahat seperti junkfood, hingga makanan pedas serta asam. selain itu, tetap konsumsi buah dan sayuran segar agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

  1. Hindari minuman beralkohol serta kopi 

Alkohol dan kopi mampu meningkatkan keparahan refluks asam pada lambung. Saat ini terjadi, kondisi asam lambung dapat meningkat lebih parah akibat esfogagus yang melemah pada bagian bawah. jika tidak mau hal ini terjadi pada lambung Anda, hindari sementara minuman beralkohol serta kopi demi kesehatan lambung.

  1. Batasi pengguanaan  minuman bersoda

Minuman berkarbonasi sebenarnya kurang disarankan bagi penderita asam lambung. Ini dikarenakan gas pada minuman bersoda yang mampu menyebabkan penderita asam lambung menjadi lebih sering bersendawa hingga dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar lewat kerongkongan.

  1. Kelola stres

Stres dan kecemasan yang terjadi dapat dengan mudah membuat berbagai penyakit muncul. Untuk itu, penting bagi penderita asam lambung untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stres yang baik agar asam lambung tidak menjadi lebih buruk. Anda dapat melakukan olahraga ringan, tidur yang cukup, serta berlatih relaksasi untuk mencoba mengelola stres.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan asam lambung yang dapat Anda coba lakukan. Mengkonsumsi obat dengan manfaat mengurangi asam lambung seperti strocain tablet serta pengelelolaan gaya hidup sehat dipercaya dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut.