Uncategorized

Temukan Obat Kolesterol Herbal Ini di Dapur!

Leher sering merasa pegal di bagian tengkuk dan badan merasa lemas? Jangan-jangan Anda sedang mengalami gejala kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dalam darah kerap tidak disadari karena tidka menimbulkan gejala yang spesifik. Namun jika kadarnya sudah terlampau tinggi, tidak jarang Anda akan merasakan pegal-pegal di seluruh badan, khusus di bagian leher. 

Jika merasakan hal tersebut, segeralah melakukan cek kadar kolesterol. Anda juga bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan obat farmasi yang tepat guna menurunkan kadar kolesterol, seperti simvastatin ataupun atorvastatin. Namun sebelum mengandalkan obat-obat kimia, tentunya lebih baik menggunakan obat kolesterol herbal yang lebih minim efek samping. 

Ternyata banyak bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat kolesterol herbal. Tidak percaya? Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang sudah cukup lama diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Bawang Putih 

Bawang putih telah dikenal karena khasiatnya untuk meningkatkan kesehatan. Mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur, seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide; nyatanya jenis bawang-bawangan yang satu ini tergolong paling efektif mencegah dan meurunkan kadar kolesterol tinggi. Tidak perlu pusing dalam mengolahnya. Untuk menjadi obat kolesterol herbal, Anda hanya perlu mengonsumsi setengah hingga satu siung bawang putih setiap hari. Cara ini bisa cepat menurunkan kadar kolesterol Anda hingga 9 persen. 

Ketumbar 

Biji Ketumbar telah digunakan dalam pengobatan India kuno untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satu fungsinya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kemampuan ini karena ketumbar memiliki banyak vitamin kunci seperti asam folat, vitamin A dan beta-karoten. Anda hanya perlu menyeduh 1—2 sendok makan ketumbar dengan segelas air panas. Tunggu sekitar 10 menit, lalu sereput pelan-pelan untuk merasakan betapa efektifnya obat kolesterol herbal yang satu ini. 

Kedelai 

Dalam sebuah studi ditemukan fakta, kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat hingga sebanyak 12 persen. Untuk mendapatkan fungsi tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi sekitar 25 gram protein kedelai tiap hari. Jumlah tersebut lebih simpelnya dapat Anda peroleh dari 2—3 potong tahu atau tempe. 

Beras Merah 

Jika Anda sering merasakan pegal di tengkuk leher yang mengarah ke kolesterol tinggi, gantilah jenis beras yang biasa Anda konsumsi menjadi beras merah. Dalam beras merah terdapat senyawa yang bisa bekerja sebagai inhibitor HMG-CoA reduktase. Senyawa ini bisa bekerja setara dengan cara kerja obat statin yang terkenal untuk menurunkan kolesterol. Selain efektif menjadi obat kolesterol herbal, kandungan gula pada beras merah juga lebih rendah sehingga cocok untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. 

Kunyit 

Kunyit membantu dalam mengurangi plak atau timbunan kolesterol di dinding arteri. Tambahkan kunyit ke kari Anda atau minum susu kunyit sebelum tidur untuk membantu mengurangi kolesterol jahat. Namun jika Anda merasa kadar kolesterol Anda sedang terlalu tinggi, cara terbaik mengonsumsi obat kolesterol herbal ini adalah meminum setengah sendok teh kunyit dengan air hangat di pagi hari.

Ikan Berlemak 

Coba lihat stok lauk protein di kulkas Anda, apakah ada jenis ikan berlemak? Ikan-ikan lauk berlemak mengandung omega-3 yang bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sekaligus mereduksi kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Pilihan ikan berlemak sendiri ada banyak, mulai dari salmon, tuna, bahkan sampai sarden. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda agar tidak terlampau tinggi, biasakanlah mengonsumsi ikan berlemak minimal dua porsi dalam seminggu. 

Cuka Apel 

Satu lagi obat kolesterol herbal yang cukup efektif adalah cuka apel. Cuka apel bisa bertindak sebagai penekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Anda hanya perlu melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat setiap hari untuk merasakan efek dari obat herbal ini. 

*** 

Selain mengonsumsi obat kolesterol herbal, penting pula untuk mengecek kadar kolesterol secara rutin. Jangan ragu pula untuk mendatangi dokter apabila gejala yang Anda alami tidak kunjung membaik.