Uncategorized

Tips Memberikan Susu Formula SGM Eksplor 1 Plus

Memberikan susu formula untuk anak di atas satu tahun memang sudah dapat Anda lakukan. Akan tetapi, tidak jarang para ibu yang salah memberikannya. Akibatnya, banyak balita yang tumbuh dengan kelebihan berat badan hingga obesitas karena salah takaran penyajian pada saat memberikan susu formula. Oleh karena itu, sebelum Anda memberikan susu formula seperti SGM Eksplor 1 Plus, yang diperuntukkan untuk bayi berusia di atas 1 tahun ada baiknya perlu mempelajari hal dasar memberikan susu formula.

Susu formula SGM Eksplor 1 Plus mengandung vitamin, mineral dan lemak yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Semua kandungan tersebut, tentu tidak bisa Anda dari dari susu sapi langsung. Sebelum memberikan susu formula pada anak, hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah tidak semua bayi dapat mencerna susu sapi sepenuhnya atau tidak semudah ASI. Hal ini disebabkan karena kadar protein di dalam susu sapi terlalu tinggi untuk bayi, sehingga mungkin beberapa bayi akan mengalami alergi ataupun intoleransi protein di dalam susu formula.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh memberikan susu sapi kepada bayi sebagai minuman susu utama sampai mereka hingga bayi berusia di atas 12 bulan. Selain itu, sebaiknya Anda tidak memberikan susu sapi untuk bayi di bawah usia 12 bulan, terutama: 

– Susu sapi murni.

– Susu skim, evaporasi, bubuk hingga kental manis.

– Alternatif susu seperti kedelai, beras, almond ataupun santan.

Bagi sebagian besar bayi yang sudah cukup bulan dan tumbuh secara sehat, susu formula berbasis ASI atau susu sapi mungkin aman direkomendasikan untuk anak hingga usia 12 bulan. Akan tetapi, beberapa diantaranya mungkin mengalami sedikit gangguan, sehingga penting bagi Anda untuk selalu konsultasi ke dokter sebelum memberikannya.

Susu formula tahap 1 dan 2

Apabila sudah mendapatkan lampu hijau dari dokter, Anda dapat memberikan susu formula bayi yang memiliki bahan dasar susu sapi untuk anak berusia hingga usia enam bulan. Pemberian ini disebut sebagai formula tahap 1 atau starter. Anda dapat menggunakan susu formula tahap 1 untuk bayi hingga berusia 12 bulan. Setelah melewati tahap satu dan tidak ada gangguan, Anda dapat melanjutkannya ke tahap 2 atau susu formula lanjutan dengan memberikan SGM Eksplor 1 Plus.

Pilih susu yang menyerupai ASI 

Beberapa susu formula bayi memiliki bahan tambahan yang membuatnya mirip seperti ASI. Bahan-bahan tersebut bekerja dengan cara yang sama seperti ASI di tubuh bayi Anda, sehingga aman dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa bahan tambahan yang ditambahkan ke susu formula dan bisa memberikan manfaat baik bagi bayi:

– LCP, merupakan kandungan yang sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan otak dan saraf. Formula LCP sangat berguna untuk membantu perkembangan otak bayi prematur.

– Betakaroten, merupakan salah satu sumber vitamin A dan anti-oksidan. Susu formula SGM Eksplor 1 Plus sudah memiliki kandungan vitamin A dan anti-oksidan.

– Prebiotik dan probiotik, kandungan yang dapat membantu memaksimalkan menumbuhkan bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik ini sangat membantu bayi mengatasi sembelit dan membuatnya lebih lancar buang air besar serta mengurangi kemungkinan gastroenteritis.

Semua kandungan ini ada di dalam SGM Eksplor 1 Plus. Produk ini merupakan susu formula khusus untuk bayi di atas 12 bulan. Susu formula ini berbasis susu sapi, namun aman diberikan untuk si kecil.